Zero Motorcycles Tengah Bersiap Luncurkan Motor Listrik Terbaru

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 15 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Zero Motorcycles tengah bersiap meluncurkan motor listrik terbaru yang diyakini berwujud supermoto. Foto yang tersebar hanya menunjukkan siluet bagian atas serta tanggal peluncuran, 13/7/21 atau 13 Juli 2021.

Pihaknya juga tidak memberi banyak info mengenai model gresnya itu. Walau demikian, yang terlihat di situ sekilas mirip FX series.

Tampak dari model jok yang terpasang. Membuatnya dirinya lebih dekat dengan sepeda listrik bergaya supermoto. Meski kelihatan persis, setidaknya versi baru ini dikerjakan ulang secara signifikan.

Elemen desain utama seperti bodi dan lampu depan terlihat sangat berbeda dari lini FX yang ada saat ini.

Saat exposure gambar ditingkatkan, barulah terlihat 50 persen bagaimana wujudnya. Satu hal yang pasti, sapuan pena dari desainer Zero begitu luas dalam bentuk ini.

Bodywork terlihat jauh lebih ramping daripada FXS dan FX. Lampu depan LED kembar bermata ganda telah diganti dengan headlamp tunggal bergaya café racer yang lebih modis.

Di atas pencahayaan depan dipasangkan panel instrumen serbadigital. Namun diharapkan hadir dengan layar yang lebih lebar.

Komponen legal jalan raya juga terpasang, macam kaca spion dan lampu sinyal belok. Tentu ini mengesampingkan kemungkinan ia menjadi sepeda off-road.

Terlihat pula palka merah atau panel aksesori di bawah jok pembonceng. Apakah itu port pengisian daya Level 2 atau bahkan DC Fast Charging? Masih tanda tanya.

Sama seperti varian lain, ia mengusung suspensi upside down. Tapi sepertinya Zero telah memotong fender depan yang dipasang tinggi. Ya, tak terlihat sepatbor depan. Sementara penahan cipratan air belakang telah tersemat, dilansir dari Liputan6.com (13/07/2021).

Tentang FXE

Di situs web perusahaan ada bagian “Street bikes” dan “Dual sport bikes,”. Lalu ada tautan baru untuk FXE yang tidak termasuk dalam kedua kategori.

Tak mungkin kalau dirinya sebagai e-bike off road. Itu terlihat dari pemakaian ban model legal jalan raya. Atau asumsi lain kalau abjad belakang ‘E’ menandakan singkatan dari “enduro”. Mungkinkah ia adalah jenis sepeda anyar untuk Zero? Kita tunggu saja kabar baiknya.

FXE sebenarnya sudah lama diketahui. Zero mulai mengajukan merek dagangnya itu pada Agustus tahun lalu. Saat itu santer dikabarkan bahwa motor tersebut bakal menjadi pesaing sepeda motor listrik tipe off road.

Dengan KTM, Honda, dan Husqvarna yang telah terjun ke sektor listrik, tampak masuk akal bagi perusahaan Amerika melakukan hal yang sama.

Menurut Elektrek, ini mungkin model Zero yang paling terjangkau dan paling serbaguna sebagai sepeda motor berbasis FX.

Peluncuran model baru Zero FXE pada 13 Juli atau seminggu setelah peluncuran sepeda motor listrik baru Harley-Davidson. (Uli)