Yamaha Motor Mulai Ekspansi Untuk Membuat Pesawat Terbang

FOTO: liputan6.com/indolinear..com
Rabu, 7 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pabrikan sepeda motor asal Jepang, Yamaha Motor Co., Ltd, mengumumkan secara resmi bahwa mereka tengah melakukan ekspansi untuk membuat pesawat terbang.

Dalam mewujudkan target ini, Yamaha Motor akan berkolaborasi dengan perusahaan peswat terbang ShinMaywa yang memang dikenal dengan portofolionya dalam bisnis aircraft.

Secara resmi, kedua belah pihak sudah melakukan penandatanganan perjanjian untuk penelitian bersama dalam membuat pesawat kecil generasi berikutnya.

Dalam perjanjian tersebut, Yamaha Motor akan melakukan riset dan pengembangan untuk melakukan adaptasi teknologi mesin kecil ke industri pesawat terbang.

Sementara ShinMaywa, memiliki tugas untuk mengadaptasi teknologi dan keahliannya dalam mengembangkan teknik pesawat yang diperoleh melalui pengembangannya.

Beberapa langkah yang nantinya akan ditempuh antara lain adalah merancang konsep, membangun prototipe, melakukan pengujian, memverikasi teknologi otonom dan beberapa hal lainnya sampai pesawat tersebut berhasil diproduksi.

Kedua perusahaan akan menggunakan upaya penelitian bersama ini untuk mengeksplorasi kemungkinan komersialisasi pesawat kecil generasi berikutnya, dan mempertimbangkan arah dan masa depan proyek berdasarkan minat pasar dan faktor lainnya, dilansir dari Liputan6.com (05/07/2021).

Bukan yang Pertama untuk di dunia otomotif

Langkah yang ditempuh oleh Yamaha Motor mungkim bukan hal baru. Tetapi, pabrikan mobil Honda, sudah lebih dulu memproduksi pesawat terbang.

Namun, ada perbedaan antara pesawat yang diproduksi oleh Honda dan Yamaha Motor. Dari dimensi maupun kapasitas mesinnya, secara jelas berbeda.

Untuk pesawat yang diproduksi oleh Honda, merupakan jet pribadi dengan beberapa fasilitas mewah. Sementara pesawat yang diproduksi Yamaha, memiliki dimensi yang lebih kecil dan hanya diperuntukan untuk penerbangan lokal. (Uli)