XL Dengan Smartfren Bakal Susul Merger Indosat Dan Tri?

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 27 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Isu konsolidasi operator seluler di Indonesia kembali mencuat. Setelah Indosat Ooredoo dan Hutchison 3, giliran XL Axiata dan Smartfren yang disebut-sebut akan mengambil langkah serupa.

Kabar ini muncul setelah Bloomberg melaporkan induk masing-masing perusahaan, yakni Axiata dan Sinar Mas Group disebut tengah melakukan penjajakan mengenai kemungkinan merger layanan telekomunikasi milik mereka di Indonesia.

Dikutip dari Merdeka.com (26/10/2021), penjajakan itu termasuk dengan meminta saran penasihat mengenai kemungkinan yang dapat dilakukan perusahaan, termasuk berbagi jaringan. Namun menurut sumber yang mengetahui hal ini, pembicaraan itu masih dalam tahap awal dan bersifat privat.

Terkait hal ini, Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys mengatakan pihaknya terbuka untuk berkonsolidasi atau berkolaborasi dengan pihak lain, asalkan semua pihak mendapatkan manfaat yang sama.

“Smartfren terbuka untuk berkonsolidasi atau berkolaborasi dengan pelaku industri lain yang bertujuan untuk efisiensi operasional. Namun semua pihak harus mendapatkan manfaat yang sama,” kata Merza

Hal senada juga diungkapkan Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini. Ia menyebutkan terbuka dengan peluang merger dengan pihak manapun.

“Berkonsolidasi dengan pihak manapun,” jelas Dian.

Sebagai informasi, sebelum perbincangan ini, Ooreodoo dan CK Hutchison Holdings mengumumkan penandatangan kesepakatan transaksi definitif untuk pengajuan penggabungan bisnis telekomunikasi masing-masing di Indonesia, yakni Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia atau Tri Indonesia. (Uli)

loading...