Xiaomi Serahkan Pembuatan Mobil Listriknya Digarap Oleh Smartmi

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 20 Desember 2021

Indolinear.com, Jakarta – Kabar mengenai raksasa teknologi asal Cina, Xiaomi, yang ingin membuat mobil listrik kian dekat dengan realisasinya.

Melansir dari Liputan6.com (18/12/2021), anak bisnis Xiaomi, Beijing Smartmi Technology Co., Ltd., akan dijadikan sebagai perusahaan yang akan memproduksi mobil listrik tersebut.

Salah satu kesiapan yang mereka lakukan adalah dengan merekrut talenta terbaik untuk bertanggung jawab atas proses tersebut.

Ma Yongdong, mantan manajer teknik program senior proyek kendaraan listrik di Pusat Otomotif Teknis Pan Asia GM, dikabarkan telah menjadi bagian dalam misi pembuatan mobil listrik tersebut.

Tidak hanya dia, tetapi, dalam informasi tersebut juga menjabarkan bahwa beberapa talenta lainnya yang memang memiliki spesialisasi dalam bidang elektronik dan listrik dari BAIC juga telah direkrut untuk memperkuat Smartmi.

Dalam perencanaannya tersebut, Smartmi akan berfokus terhadap mobil penumpang dan informasinya model pertama yang akan diproduksi oleh mereka adalah SUV.

Tidak Terkait dengan Xiaomi EV

Meski demikian, keberadaan Smartmi dalam pembuatan mobil listrik ini masih abu-abu lantaran mereka dianggap berdiri sendiri dan tidak terafiliasi dengan Xiaomi EV.

Secara organisasi, memang Smartmi masih merupakan anak usaha dari Xiaomi, namun mereka lebih menspesialisasikan diri sebagai pembuat AC dan pembersih udara.

Sebagai salah satu pendiri Xiaomi, Lie De, dilaporkan memegang lebih dari 90 persen saham perusahaan dan memiliki kendali kerjanya.

Liu sendiri juga merupakan salah seorang penggagas rantai lingkungan Xiaomi dan ia mewakili Xiaomi dalam perusahaan ramah lingkungan. (Uli)