Xiaomi Patenkan Sensor Kamera Yang Bisa Bergerak Miring

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 1 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Xiaomi adalah salah satu vendor smartphone yang gemar mencari inovasi di sektor kamera. Dalam beberapa waktu terakhir ini Xiaomi dan kompetitor seperti Huawei selalu ‘berperang’ untuk merebut posisi atas di peringkat kamera DxOMark.

Nah, untuk melanggengkan rivalitas penentu siapa yang memiliki kamera terbaik, Xiaomi kembali berinovasi. Melansir dari Merdeka.com (31/08/2020), Beijing Xiaomi Mobile Software mematenkan “modul kamera dan terminal” tahun lalu.

Paten yang berupa kamera yang bisa bergerak miring tersebut akhirnya disetujui pada 30 Juli 2020 lalu.

Disebut bahwa paten ini berupa dua buah sensor kamera dengan sudut pandang yang kecil. Kedua sensir ini dapat ditempatkan secara horizontal atau vertikal, namun kemampuan utamanya adalah dapat berputar atau miring secara sinkron satu sama lain.

Tujuannya, adalah memperluas sudut pandang kamera. Dengan ini, hasil gambar akan mirip dengan lensa ultra wide, namun tak ada distorsi.

Tidak cuma Xiaomi, Samsung sebenarnya sudah mematenkan teknologi serupa sebelumnya. Namun dicatat bahwa Xiaomi mematenkan teknologi ini dua bulan lebih cepat ketimbang Samsung.

Perbedaan milik Samsung dan Xiaomi, adalah paten dari Samsung membutuhkan lima atau enam kamera yang bergerak secara sinkron. Di dalam set kamera tersebut juga harus ada kamera telefoto. Jadi, milik Samsung memang lebih rumit. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: