Wujudkan Keluarga Bahagia dan Sejahtera, Kecamatan Serpong Utara Gelar Pembinaan PKK

FOTO: Eksklusif Kecamatan Serpong Utara for indolinear.com
Selasa, 24 September 2019

Indolinear.com, Tangsel – Kecamatan Serpong Utara menggelar Pembinaan PKK Kecamatan dan Evaluasi 10 Program Pokok PKK di Aula Kelurahan Paku Jaya, Serpong Utara, Tangsel.

Kegiatan yang diikuti oleh 140 peserta dari 7 Kelurahan se Serpong Utara ini menghadirkan narasumber TP PKK Kota Tangsel dan TP PKK Serpong Utara.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera, serta peran aktif Tim Penggerak PKK selama ini selalu diwarnai dengan upaya dan kegiatan positif,” ungkap Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Serpong Utara Nalih.

Lanjutnya, untuk menggapai cita-cita luhur tersebut, dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan, keluarga sejahtera, keluarga berencana, perilaku hidup bersih dan sehat, program kesehatan lingkungan serta posyandu di Kecamatan Serpong Utara telah dapat menunjukan hasil-hasilnya.

“Diantaranya rumah tangga bebas asap rokok, pelaksanaan program KB, budaya hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga, dan pemanfaatan lahan pekarangan untuk membantu ekonomi keluarga,” kata Nalih.

Semua itu tak terlepas dari kerjasama antara TP PKK Serpong Utara dengan peran serta masyarakat yang secara aktif ikut serta dalam setiap yang kegiatan yang direncanakan. Disamping itu juga ada pembinaan dari tingkat Kota kepada Kecamatan dan dari tingkat Kecamatan kepada tingkat Kelurahan.

“PKK merupakan singkatan dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, singkatan PKK sepertinya lebih membudaya dari pada kepanjangannya. Gerakan pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah,” jelasnya.

Lanjutnya, dimana pengelolanya oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesejahteraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

“Pertemuan PKK menjadi penggerak pembinaan kesejahteraan keluarga, namun juga dapat dijadikan teladan bagi anggota, baik secara bertutur maupun bersikap,” tutur Nalih.

Sementara, Ketua PKK Kecamatan Serpong Utara Vitri Bani mengatakan bahwa ibu-ibu kader harus tetap semangat agar masyarakat dibawah ikut semangat dalam menjalankan program progran yang dilaksanakan.

“Terimakasih kepada ibu-ibu kader yang selama ini tidak kenal lelah dalam pengabdian, walaupun insentif yang diterima dari pemerintah tidak seberapa namun kader tetap semangat,” jelasnya.

Dengan adanya kader, maka pemerintah terbantu dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK. Diharapkan warga Tangsel khususnya Serpong Utara dapat mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera.

“Kita berdoa kepada Allah mudah-mudahan kita semua selalu diberikan kemudahan dalam segala urusan dan diberikan barokah Allah SWT,” ungkap Vitri.(ADV)