Wujudkan Kampung Hijau, Warga Dan Lurah Kompak Tanam Pohon

Senin, 15 Februari 2016

Indolinear.com, Tangsel – Puluhan warga Jalan Al-Islah, RT 02/04 Kelurahan Pondok Aren, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), kompak mulai mewujudkan ‘Kampung Hijau’ dengan melakukan penanaman berbagai jenis pepohanan di sisi kiri dan kanan jalan kawasan pemukiman tersebut pada Sabtu, (13/2/2016).

Ketua RW 04, Ida Farida,mengatakan, dalam mewujudkan ‘Kampung Hijau’ tersebut, pihaknya menerima bantuan bibit pohon dari Pemkot Tangsel sebanyak 200 terdiri dari berbagai jenis seperti pohon trembesi, mahoni, mangga, kelapa, rambutan serta berbagai pohon buah dan pohon lindung lainnya.

“Alhamdulillah, program kampung hijau di wilayah kami mendapat respon positif dari pemerintah, untuk saat ini baru 200 bibit pohon buah dan lindung yang kita terima,” kata Ida.

Ia menuturkan, penanaman bibit pohon nantinya tidak hanya di tanam disepanjang jalan yang ada di wilayahnya. Akan tetapi, di halaman rumah warga akan dilakukan penanaman bibit pohon.

“Penanaman pohon kita fokuskan dulu di jalan-jalan masuk pemukiman warga, jika semua itu sudah dilakukan, barulah di halaman warga,” ungkap Ida.

Penanaman bibit pohon yang dipimpin langsung oleh lurah Pondok Aren, Joko Munadih mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan warga merupakan program pemerintah yang harus di dukung oleh masyarakat.

Sehingga, kedepannya akan menimbulkan banyak manfaat yang akan dirasakan oleh masyarakat. Untuk itu, Joko mengapresiasi warga yang selalu berupaya mewujudkan ke asrian lingkungannya masing-masing.

“Kalau memang itu untuk keasrian, kita dukung sepenuhnya. Tapi kami berharap warga juga mau meluangkan waktu untuk menjaga dan merawat pohon-pohon yang sudah di tanam ini,” ucapnya.

Ia menegaskan, penanaman bibit pohon sebaiknya dilakukan pada kawasan yang agak gersang. Sehingga, dengan dilakukannya penanaman dikawasan tersebut, niscaya kawasan yang semula gersang akan menjadi teduh.

“Kampung hijau ini kan di gagas warga, kami hanya memfasilitasi saja. Kami ingin warga lebih kreatif lagi melakukan inovasi untuk keseimbangan ekosistem, karena manfaatnya sangat besar bagi masyarakat,” tandas Joko.  (sophie)

loading...