WSBK Mandalika: Dua Kelas Balapan, Ada Satu Wakil Indonesia

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Selasa, 16 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Seri terakhir Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika bakal melombakan dua kelas yakni WorldSBK dan WorldSSP. Satu wakil Indonesia yakni Galang Hendra Pratama bakal tampil di kelas WorldSSP.

Sirkuit Mandalika yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi tempat digelarnya seri ke-13 alias balapan pamungkas WSBK 2021.

Rangkaian jadwal WSBK Mandalika 2021 digulirkan pada 19-21 November mendatang.

Melansir dari Kompas.com (15/11/2021), balapan di Sirkuit Mandalika akhir pekan ini bakal melombakan dua kelas yakni WorldSBK dan WorldSSP.

Apa itu WorldSBK dan WorldSSP?

WorldSBK

WorldSBK (WSBK) adalah sebutan untuk Superbike World Championship atau Kejuaraan Dunia Superbike. WorldSBK adalah kelas utama dari kejuaraan balap motor produksi massal ini.

Kejuaraan Dunia Superbike dimulai pada tahun 1988. Kejuaraan ini terbuka bagi motor yang diproduksi untuk publik, tetapi sudah dimodifikasi untuk mengikuti balapan.

Motor yang digunakan pada WorldSBK memakai mesin 4-tak dengan konfigurasi tiga dan empat silinder serta kapasitas minimum 750cc dan maksimum 1.000cc.

Sama seperti Kejuaraan Dunia MotoGP, WSBK juga berada di bawah naungan Federasi Sepeda Motor Internasional atau Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

Sejak 2013, pihak yang menjadi penyelenggara WSBK adalah Dorna Sports. Hal ini membuat WSBK berada satu atap dengan MotoGP.

Saat ini, ada lima pabrikan yang berlaga pada ajang WSBK yaitu BMW Motorrad, Yamaha, Ducati, Honda, dan Kawasaki.

Pebalap asal Irlandia Utara yang membela tim Kawasaki, Jonathan Rea, merupakan rider dengan koleksi gelar juara dunia WSBK terbanyak yakni enam kali. Ia menjadi juara dunia pada 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020.

Musim ini, Jonathan Rea bersaing sengit dengan pebalap tim Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu, dalam perebutan gelar juara dunia WSBK.

Toprak Razgatlioglu saat ini memuncaki klasemen WSBK 2021 dengan nilai 531. Pebalap asal Turki itu unggul 30 poin atas Jonathan Rea yang berada di peringkat kedua.

Penentuan juara dunia WSBK 2021 pun bakal terjadi di Sirkuit Mandalika akhir pekan nanti.

WorldSSP

WorldSSP atau Supersport World Championship adalah salah satu kelas balapan di bawah naungan FIM World Superbike Championship.

WorldSSP merupakan kelas balapan di bawah WorldSBK. Satu kelas lainnya adalah WorldSSP300 yang menjadi kelas terkecil.

WorldSSP menjadi balapan pendukung Kejuaraan Dunia Superbike sejak 1990. Adapun, motor yang digunakan di kelas WorldSSP bermesin 4-tak, konfigurasi empat silinder dengan kapasitas antara 400cc dan 600cc.

Tidak semua seri WSBK menggelar tiga kelas balapan yakni WorldSBK, WorldSSP, dan WorldSSP300.

Dari 13 seri WSBK 2021, hanya 8 seri yang menggelar semua kelas. Adapun, WSBK Mandalika 2021 hanya akan menggelar balapan kelas WorldSBK dan WorldSSP.

Balapan WorldSSP di Sirkuit Mandalika layak dinantikan karena ada satu pebalap Indonesia yang dijadwalkan bakal berlaga.

Pebalap Tanah Air yang dimaksud adalah Galang Hendra Pratama. Pebalap asal Yogyakarta berusia 22 tahun itu membela tim Ten Kate Racing Yamaha di kelas WorldSSP. Saat ini, Galang Hendra yang mengoleksi 24 poin berada di peringkat ke-21 klasemen WorldSSP 2021.

Adapun, rekan setim Galang Hendra yakni Dominique Aegerter sudah dipastikan menjadi juara dunia WorldSSP 2021 berbekal raihan 381 poin. (Uli)