‘Wong Cilik’ Jenius Bisa Buat Alat Berat Dari Barang Bekas

Selasa, 23 Februari 2016

Indolinear.com – Keberhasilan menciptakan suatu penemuan memang tak hanya terbatas bisa dilakukan orang-orang yang mengenyam pendidikan tinggi saja. Meski tak berpendidikan tinggi, orang dengan keuletan dan kerja keras pun bisa membuat suatu alat yang bermanfaat bagi masyarakat. Mungkin itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan kisah Sariman yang berhasil menciptakan alat berat Tandem Roller dari barang-barang bekas alias 2nd (second).

Sariman bukanlah siapa-siapa, ia hanyalah ‘wong cilik’, warga biasa dari Kedung Reja, Tabak Sari, Cilacap Barat yang sehari-harinya mengais rupiah dari keahliannya sebagai tukang bengkel motor dan las. Namun kegigihannya dalam mempelajari pekerjaannya secara otodidak, Sariman mampu merangkai barang-barang bekas dari bengkelnya menjadi alat berat untuk menambal jalan-jalan kampung yang rusak.

Pemilik Bengkel Aris Motor ini menuturkan ide tersebut bermula dari keinginannya menciptakan alat yang bermanfaat dari barang-barang bekas di bengkelnya.

“Beberapa alat seperti plat baja, kemudian alat kemudinya saya beli dari beberapa bengkel kemudian saya rangkai. Saya mengerjakannya sampai lembur terus selama 3 bulan,” kata Sariman. 

Kini alat yang Sariman ciptakan tersebut kerap disewa warga setempat untuk meratakan jalan-jalan kampung yang rusak akibat diguyur hujan. Tentu saja karena Sariman sadar bahwa menyewa alat berat konvensional tidaklah murah. Apalagi bagi masyarakat pedesaan. (uli)

 

Sumber: Brilio.net

loading...