Windy Cantika Juara Di Yunani, Raihan Emas Menjadi Modal Untuk SEA Games

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Kamis, 5 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Atlet angkat besi atau lifter asal Indonesia, Windy Cantika Aisah, berhasil menjadi juara dalam ajang IWF Junior World Championships 2022 di Heraklion, Yunani.

Dalam kejuaraan dunia angkat besi level junior tersebut, Windy Cantika turun di kelas 49 kilogram (kg).

Windy Cantika tampil dominan hingga mampu meraih emas di tiga kategori, yakni angkatan snatch (83 kg), clean and jerk (102 kg) dan total angkatan (185 kg).

Lifter berusia 19 tahun itu unggul atas atlet India, Yadav Gyaneshwari, yang meraih medali perak dengan total angkatan 156 kg.

Adapun medali perunggu jatuh ke tangan atlet India yang lain, yakni V Rithika.

V Rithika mencatatkan total angkatan 150 kg dengan rincian 69 kg angkatan snatch dan 81 kg clean and jerk.

Keberhasilan Windy Cantika dalam meraih gelar juara dunia sudah diprediksi oleh pelatih angkat besi Dirja Wihardja sebelum berangkat ke Yunani.

Dalam prosesnya, Dirja Wihardja meminta Windy untuk tidak terlalu ‘ngotot’ karena harus menjaga kondisi sebelum tampil pada SEA Games 2021 Vietnam.

“Dalam latihan sehari-hari total angkatannya bisa melebihi yang dicapai di kejuaraan dunia ini,” kata Dirja, dikutip dari Kompas.com (04/05/2022).

“Namun, saya tekankan agar ia tidak terlalu ngotot, karena setelah ini ia akan tampil di SEA Games Vietnam,” ujar Dirja.

Keberhasilan Windy Cantika pada kejuaraan dunia di Yunani sekaligus menjadi modal berharga untuk tampil pada SEA Games 2021 Vietnam.

Windy Cantika merupakan salah satu andalan Indonesia yang diharapkan mampu membantu tim angkat besi mengulangi prestasi pada SEA Games 2019 Filipina.

Pada SEA Games 2019 Filipina, angkat besi menjadi lumbung medali bagi kontingen Merah Putih. Setidaknya ada 10 medali yang datang dari cabang olahraga ini.

Selain Windy Cantika, ada lifter putri lain yang juga turun di Kejuaraan Dunia Junior sebelum tampil pada SEA Games 2021 Vietnam, yakni Najla Khoirunnisa.

Najla Khoirunnisa yang tampil di kelas 45 kg, menempati peringkat keempat dengan catatan angkat snatch seberat 67 kg, clean and jerk 81 kg dan total angkatan 148 kg.

Meski menempati peringkat keempat, Najla Khoirunnisa mampu memperbaiki catatan yang ia ukir pada Kejuaraan Dunia 2021 di Tashkent, Uzbekistan.

Selain Windy dan Najla, Indonesia juga menurunkan dua wakil lain dalam Kejuaraan Dunia Junior 2022, yakni Juliana Clarissa dan Rizki Juniansyah, yang masing-masing akan turun pada nomor 45 kg putri dan 55 kg putra.

Rizki Juniansyah merupakan salah satu atlet yang juga masuk dalam daftar tim angkat besi Indonesia pada SEA Games 2021 Vietnam. (Uli)