Warga Tangsel Ini Pantangan Penderita Penyakit Asam Urat

sophie/indolinear.com
Minggu, 19 November 2017
loading...

Indolinear.com, Tangsel – Penyakit Asam Urat sering kali dikeluhkan, terutama kaum lelaki. Namun tidak banyak yang tahu apa sebenarnya penyebab dari penyakit ini. Bahkan masyarakat terkadang malah kerap mempercayai mitos seputar asam urat.

Menurut dr Sandra Sinthya Langow, Internis Konsultan Reumatologi di Siloam Hospital ada beberapa hal yang harus dihindari penderita asam urat. Diantaranya daging merah, seperti daging sapi, kambing, domba atau apapun hewan berkaki empat. Kemudian minuman alkohol dan jeroan harus dihindari bagi penderita asam urat.

“Istilahnya melakukan diet rendah purin, yakni menghindari konsumsi alkohol, daging merah, seafood, jeroan dan minuman tinggi fruktosa,” kata dr Sandra.

Sementara itu asupan kangkung dan bayam yang dinilai masyarakat sebagai makanan ‘haram’ bagi penderita asam urat, ternyata hanyalah mitos. Justru sayuran hijau ini dianjurkan untuk dimakan sebagai makanan utama penderita asam urat. Makanan lain yang baik untuk pasien asam urat adalah susu low fat atau rendah lemak, buah segar dan makanan berserat.

Hal tersebut berdasarkan rekomendasi dari American College of Rheumatology atau acuan dokter-dokter rematik dunia, dimana mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan kangkung sangat dianjurkan bagi pasien asam urat atau gout artristis.

“Bayam dan kangkung tidak menjadi penyebab asam urat, seperti yang selama ini berkembang di masyarakat. Itu hanyalah mitos,” ujar dr Sandra, dalam acara Talkshow bincang sehat bersama spesialis dengan tema “Penanganan Nyeri Karena Asam Urat”di  Siloam Hospitals Lippo Village, (18/11/17).(sophie/fin)