Warga Minahasa Tenggara Geger Pohon Mangga Mengeluarkan Suara Seperti Nafas Manusia

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Jumat, 22 April 2022
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indolinear.com, Jakarta – Satu video viral mengungkapkan adanya pohon mangga yang mengeluarkan suara misterius beberapa hari lalu.

Dalam kejadian yang berlaku di Kecamatan Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara itu, warga melaporkan ada pohon mangga yang mengeluarkan suara seperti manusia bernafas.

Melalui video tersebut, terlihat beberapa orang penduduk menghampiri pohon mangga itu dan coba mendengar bunyi dari pohon itu dari jarak dekat.

“ Ini guys, pohon bernafas,” kata seorang penduduk yang merekam video pada Minggu 13 Februari 2022, dilansir dari Dream.co.id (21/04/2022)

Anwar Labagu, pemilik pohon mangga, mengatakan sudah enam hari ini dia terus mendengar suara desahan misterius dari daun mangga.

” Bunyinya hussss.. Seperti suara orang bernafas. Waktu itu saya pikir suara sapi,” ujar pria berusia 31 tahun itu.

Awalnya dia tak mengubrisnya dan kembali tidur. Namun walaupun mencoba berbaring, Anwar terus merasa gelisah.

Kurang lebih dua jam suara desahan misterius itu terus mendengung di telinga Anwar. Memenuhi rasa penasaran, Anwar pun bangun dari pembaringannya.

Sembari berjalan keluar rumah, dia menelusuri asal bunyi desahan itu. Sekian menit berputar-putar di sekitar rumah, akhirnya rasa penasarannya terbayar.

Desahan misterius itu ternyata muncul dari pohon mangga di depan rumahnya. ” Setelah diteliti lagi, suara keluar dari daun,” paparnya.

Sementara itu dalam video viral berdurasi 20 detik tampak beberapa orang mendatangi pohon mangga yang kabarnya mengeluarkan nafas seperti manusia itu.

Terlihat seorang pria berjongkok di bawah pohon mangga yang cukup rendah namun berdaun sangat lebat tersebut.

Saat perekam video masuk di antara dedauanan pohon mangga ajaib itu, terdengar seperti ada orang yang bernapas.

Tidak jelas apakah suara nafas itu benar-benar dari pohon mangga tersebut atau hanyalah suara yang merekam video itu.

Bagaimanapun, Kapolres Minahasa Tenggara, AKBP Rudi Hartono, menyebutnya sebagai hoax. Dia meminta warga agar tidak mempercayai video seperti itu.

“ Jangan mudah terpengaruh dengan berita palsu,” katanya.

Menurutnya, pohon mangga tidak mungkin akan mengeluarkan bunyi nafas, lebih-lebih lagi seperti bunyi manusia.

Rudi mengatakan pihaknya kini sedang menyelidiki video viral itu yang dduga direkam oleh individu yang tidak bertanggungjawab. (Uli)

loading...