Warga Kampung Dongkal Kerja Bakti Bersihkan Saluran

FOTO: Eksklusif kecamatan serpong utara for indolinear.com

Indolinear.com, Tangsel – Warga Kampung Dongkal, Kelurahan Pondok Jagung Timur, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan bersama Camat, Karang Taruna, KNPI dan staff Kelurahan Kecamatan melakukan kegiatan gotong royong pada Sabtu, 3 Agustus 2019.

Menurut Camat Serpong Utara Bani Khosyatullah kegiatan gotong royong ini membersihkan saluran air dan jalan sepanjang kurang lebih 2 kilometer di Kampung Dongkal.

“Kita berupaya agar air yang berada di saluran bisa mengalir dari hulu ke hilir. Sehingga jika ada saluran yang mati bisa lancar dengan adanya kerja bakti ini,” terang Bani.

Terlihat hampir seluruh warga yang ada di Kampung Dongkal turut serta membersihkan wilayahnya. Selain saluran, sampah-sampah yang berserakan pun ikut dibersihkan, pohon yang sudah kejalan pun ditebang demi kenyamanan pengendar maupun orang yang lewat.

“Harapannya lingkungan sekitar bisa terhindar dari banjir lokal. Dengan adanya kerja bakti warga jadi peduli, sehingga lingkungan pun jadi bersih,” papar Bani.

Kegiatan gotong royong ini dalam rangka ikut serta Lomba Bersih Saluran yang diselenggarakan setiap tahun oleh Dinas Lingkungan Hidup. Tahun lalu, Kecamatan Serpong Utara meraih Juara 1.

“Jika nantinya menjadi juara itu adalah bonus, karena yang terpenting adalah berupaya agar saluran bisa bersih untuk kenyamanan warga,” tegasnya.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel, Aries Kurniawan mengatakan bahwa ini merupakan agenda rutin tahunan yang selalu dilaksanakan.

“Penilaian dan juri dilakukan oleh tim dari Dinas Pekerjaan Umum Tangsel dan tim Forum Kota Sehat. Untuk peserta merupakan dari kelurahan yang mewakili 7 Kecamatan yang diusulkan oleh masing-masing Kecamatan,” kata Aries.

Aries menambahkan, kegiatan ini merupakan upaya untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan saluran. Masyarakat diberi contoh agar mau membersihkan lingkungannya masing-masing.

“Minimal di depan rumah kita dibersihkan. Penilaian lomba ini meliputi aliran air lancar, tidak ada semak atau rumput, interkoneksi antar saluran, partisipasi gotong royong dan lainnya,” ungkap Aries.

Sementara Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan lomba yang digelar setiap tahun dalam rangka menyambut 17 Agustus yang diikuti setiap kecamatan, dan ada titik tertentu yang dinilai oleh Dinas Pekerjaan Umum. Terutama dalam rangka untuk pembersihan saluran air depan rumah masing-masing atau gorong-gorong.

Lanjutnya, dengan adanya kegiatan Lomba Bersih Saluran tentu harapannya bahwa penilaian ini bisa menumbuhkan motivasi khususnya bagi masyarakat, bahwa partisipasi aktif warga itu penting.

Menurut Benyamin, ada dua hal yang perlu dicapai, yakni menghidupkan lingkungan yang bersih dan menghidupkan kembali gotong royong di tengah masyarakat.

“Saat ini targetnya adalah gotong royong kebersihan saluran. Namun jangka panjang gotong royong bisa untuk menolong orang sakit, gempa bumi, dan menangkal bahaya narkoba yang jika masyarakatnya bersatu.  Ini sangat menggembirakan bagi kehidupan kota,” ujarnya.

Ia melihat antusiasme warga disini luar biasa dan sangat tinggi, sehingga harus menjadi contoh bagi daerah lain. Sedangkan untuk saluran sudah diperbaiki oleh Pemkot Tangsel melalui DPU.

“Karena ini daerah rendah yang menampung air dari atas sehingga kita perkuat drainasenya, tinggal aspek pemeliharaannya saja. Hari ini pemeliharaan dengan mengangkut sedimentasi dari pasir-pasir,” ungkapnya.(ADV)