Walikota Tangerang Meresmikan Puskesmas Petir Di Kawasan Banjir

FOTO: jakarta.tribunnews.com/indolinear.com
Jumat, 11 Januari 2019

Indolinear.com, Kota tangerang – Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah telah meresmikan pemakaian gedung puskesmas di Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

Puskesmas megah yang disertai fasilitas kesehatan terlengkap dengan pelayanan non rawat inap, unit gawat darurat serta persalinan ini merupakan gedung hibah pengembang PT Agung Sedayu Group.

Secara simbolis, Arief meresmikan puskesmas yang dapat menampung warga Kelurahan Petir dan Gondrong dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita.

Arief mengatakan, puskesmas tersebut dibangun tanpa menggunakan APBD.

Namun, kata dia, perawatan fasilitasnya nanti menggunakan dana APBD.

“Puskesmas dibangun antara kerjasama dengan pengembang Perumahan Green Lake City dengan Pemerintah Kota Tangerang,” ujar Arief di Puskesmas Petir, dilansir dari Jakarta.tribunnews.com (10/01/2019).

Menurut Arief, Puskesmas Petir dibangun karena terinspirasi oleh fenomena banjir yang melanda pemukiman warga setempat tersebut.

Sehingga pada saat itu, warga Petir kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Oleh karena itu, kini warga Petir tak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” kata Arief.

Ia menambahkan, kehadiran puskesmas itu diharapkan dapat merubah masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Karena bangunan puskesmas ini terinspirasi pas banjir, jadi warga enggak perlu jauh-jauh ke Gondrong, malah warga sana mau ke sini juga boleh. Apalagi ini Alhamdulillah fasilitas yang dipersiapkan cukup lengkap, untuk yang lahiran, kegawatdaruratan bisa di sini,” papar Arief.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi menuturkan, Puskesmas yang memiliki luas 96,60 meter persegi itu terdiri dari ruang pelayanan sesuai standar pelayanan minimal dari Kementerian Kesehatan.

“SDM di sini juga sudah disesuaikan dengan mandat SDM Permenkes. Ini pun tidak hanya kualitas, tapi kuantitas dan bisa mengembangkan masyarakat untuk hidup sehat,” jelas Liza.

Ia menambahkan, Puskesmas Petir ini juga terdapat fasilitas pelayanan One Day Care dan persalinan 24 jam serta beberapa sarana fasilitas yang bermutu lainnya.

“Dengan ini, maka telah bertambah lagi pelayanan kesehatan yang dilengkapi dengan unit gawat darurat dan persalinan 24 jam,” imbuhnya.

Perwakilan dari PT Agung Sedayu Group Restu Mahesa berharap dengan pembangunan Puskesmas ini dapat terus menjalin sinergitas dengan Pemerintah Kota Tangerang.

“Dengan harapan agar semoga kerjasama yg baik terus terjalin kedepannya. Semoga juga kedepannya masyarakat dapat terus menikmati fasilitas ini,” tukasnya.

Untuk diketahui pada hari yang sama selain Puskesmas Petir, Wali Kota juga meresmikan beroperasinya UGD 24 Jam dan Persalinan Puskesmas Pondok Bahar di wilayah Kecamatan Karangtengah.

Dari beroperasinya dua Puskesmas baru ini menambah daftar fasilitas kesehatan yang dimiliki oleh Pemkot Tangerang.

Dalam rincian Puskesmas dengan UGD dan persalinan jam 24 sebanyak sebanyak 12 unit, Puskesmas dengan fasilitas UGD 24 jam sebanyak lima unit.

Lalu Puskesmas dengan rawat inap sebanyak empat unit dan Puskesmas konvensional sebanyak 15 unit. (Uli)