Walikota Airin Resmikan Disdukcapil Corner di Living World

FOTO: sopy/indolinear.com
Sabtu, 25 Mei 2019

Indolinear.com, Tangsel – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan, melakukan peresmian Disdukcapil Corner yang berlokasi di Living World  East Mall lantai 2, Serpong Utara, Tangsel pada Jumat 24 Mei 2019.

Acara tersebut dihadiri langsung Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, jajaran Disdukcapil Tangsel serta manajemen Living World.

Menandai grand launching Disdukcapil Corner, 10 anak yatim langsung diberikan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tangsel, Dedi Budiawan, mengatakan, Disdukcapil corner ini hasil kerjasama dengan Mall Living World.

“Sebenarnya diluncurkanya sejak awal tahun 2019 ini. Tapi hari ini grand launchingnya,” kata Dedi.

Disdukcapil Corner, lanjut mantan Kepala Kesbangpolinmas ini, adalah layanan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) sehari jadi.

“Langsung jadi hari itu juga. Sangat memudahkan masyarakat untuk bisa segera memiliki KIA ini,” katanya.

Syaratnya, pengajuan ini begitu simple. Pemohon atau orangtua anak cukup menyertakan Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran si anak. “Cukup itu aja syaratnya. Langsung bisa diambil,” tegasnya.

Masih menurut Dedi, sementara ini pihaknya hanya bisa melayani sekira 100 pemohon atau anak setiap harinya. Layanan ini berlangsung setiap hari. Jam bukanya disesuaikan dengan jam buka mall living world.

Dengan dibukanya layanan KIA di mall, Dedi berharap masyarakat yang ingin membuatkan KIA semakin banyak. “Harapanya semakin banyak warga Tangsel membuat dan memiliki KIA ini,” tutupnya.

Seperti diketahui, Kartu Identitas Anak (KIA) sendiri merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Peraturan Kementrian Dalam Negeri (Permendagri) No. 2 tahun 2016 lalu.

KIA adalah bukti identitas resmi untuk anak di bawah 17 tahun yang berlaku selayaknya KTP untuk orang dewasa pada umumnya.

Sementara, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa pemerintah dituntut untuk senantiasa memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, tepat, efektif dan transparan, sehingga akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh instansi pemerintah.

Pemerintah dalam hal ini birokrasi harus selalu tanggap dengan berinovasi menciptakan layanan yang cepat, tepat, efektif, dan transparan. Airin memberikan apresiasi yang tinggi kepada kepala Disdukcapil beserta jajarannya yang telah berhasil mewujudkan dan melaksanakan sistem pelayanan prima dengan diadakannya disdukcapil corner ini.

“Selanjutnya saya berpesan agar apa yang telah dicapai saat ini lebih dapat ditingkatkan lagi untuk perbaikan dan penyempurnaannya,” ungakap Walikota Airin.

Dinas kependudukan dan pencatatan sipil Tangsel sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah kota Tangsel terus berupaya untuk menyempurnakan pelayanan dengan melakukan berbagai inovasi secara berkesinambungan, hal tersebut merupakan komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan membahagiakan masyarakat.

“Program ini kedepan saya harapkan menjadi salah satu solusi yang akan mengurai permasalahan pembuatan dokumen kependudukan, dengan program ini kiranya masyarakat akan terbantu memudahkan dalam akses pembuatan dokumen kependudukan terutama di hari libur dan ditempat mudah dijangkau,” jelasnya.(Sopy)