Walau Resmi Menerapkan PPKM Mikro Darurat, Jam Operasional Usaha Di Kota Bekasi Tetap Normal

FOTO: wartakota.tribunnews.com/indolinear.com
Sabtu, 3 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pemkot Bekasi secara resmi menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPMM) Mikro Darurat pada Rabu (30/6/2021).

Meski begitu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menerangkan kondisi kedaruratan hanya terjadi di beberapa lokasi saja, sehingga ia hanya menekankan pembatasan kegiatan di wilayah yang dinyatakan berlabel zona merah.

“Kalau di RT itu merah, enggak boleh ada atau ditiadakan dulu. Kita udah rapat 4 hari yang lalu, edarannya udah keluar. Jadi kalau, seumpamanya ada masjid dan gereja, di posko RW ini ada satu RT atau dua RT merah, di situ ada sarana prasarana ibadah, ditiadakan dulu, sepakat sudah,” ucapnya, dilansir dari Wartakota.tribunnews.com (02/07/2021).

Lebih lanjut dipaparkannya, walau PPKM Mikro Darurat telah diberlakukan, pembatasan belum diterapkan bagi pelaku usaha.

Mereka masih diperbolehkan melakukan operasional hingga di atas pukul 20.00 WIB.

Rahmat beralasan wilayah Kota Bekasi masih aman dan berstatus zona hijau, sehingga pembatasan hanya dilakukan secara mikro di tingkat RT, RW dan kelurahan.

“Sementara kita masih banyak yang hijaunya, masa ini yang hijau kita tutup? ekonominya enggak jalan, makanya kita harus imbangi,” ujar Rahmat.

Namun demikian, Pemkot Bekasi akan mengikuti peraturan pemerintah pusat apabila kebijakan pengetatan PPKM diberlakukan di bidang ekonomi.

“Besok kalau ada yang darurat, kita ikutin, tapi kita sesuaikan. Tinggal mana yang paling krusial, yang belum dilakukan oleh kota, itu lah yang kita lakukan kita pertimbangkan. Kalau ini semua dianggap darurat sementara kita ini, ya kita imbangi,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan data rekap mingguan dari Pemkot Bekasi pada Senin (28/6/2021) lalu, wilayah zona hijau di Kota Bekasi sebanyak 5.639 RT, kuning 1.410 RT, oranye 80 RT dan merah 5 RT.

Wilayah zona merah terdapat di Kelurahan Kranji sebanyaj 1 RT, Bojong Menteng 1 RT, Jatisampurna 1 RT, Jatirangon 1 RT dan Bantargebang 1 RT. (Uli)