Wakil Dubes Jepang Kunjungi Mahfud MD Bicarakan Demokrasi Dan Keadilan

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Sabtu, 11 Mei 2019

Indolinear.com, Jakarta – “I am sorry, receiving you here in my simple office,” kata Mahfud MD ketika nenerima kunjungan Keiichi Ono, Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia di Jakarta Kamis (9/5/2019).

Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan, Mahfud MD, menerima tamunya di kantor MMD Initiative Jl. Kramat VI No.18 Jakarta.

MMD Initiative adalah lembaga studi yang menganalisis dan mengadvokasikan masalah-masalah demokrasi dan keadilan.

Sebagai anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD sebenarnya bisa menerima tamunya di kantor BPIP di komples istana.

“Tapi saya terima di kantor lembaga studi dan advokasi ini, yang penting substansi pembicaraannya tetap bermanfaat,” katanya, dilansir dari Tribunnews.com (10/05/2019).

Wakil Dubes Jepang tersebut bersilaturrahim dengan Mahfud untuk sekaligus mendiskusikan masalah-masalah yang bisa dikerjasamakan oleh kedua negara.

Wakil Dubes Ono mengucapkan selamat kepada bangsa Indonesia yang telah melaksanakan pemilu dengan damai dan kini tinggal menunggu hasilnya.

“Siapa pun yang menang nantinya bisa terus bekerjasama dengan Jepang demi kemajuan kedua bangsa,” begitu kata Wakil Dubes Ono.

Salah satu hal substantif yang dibicarakan adalah masalah ideologi dan arah pembangunan bangsa Indonesia ke masa depan.

“Pihak Jepang tahu bahwa Indonesia mencanangkan Indonesia Emas pada tahun 2045 dan mereka menawarkan kerjasama untuk peningkatan kualitas SDM sejak sekarang,” kata Mahfud lagi.

Wakil Dubes Ono juga mengatakan bahwa banyak nilai-nilai Pancasila yang sangat cocok bukan hanya di Indonesia tetapi juga untuk bangsa-bangsa lain.

Kerjasama dalam pembangunan sumber daya manusia melalui jalur pendidikan dan ekonomi merupakan bahan yang didiskusikan dengan serius oleh keduanya.

Mahfud mengatakan tidak menyuguhi teh kepada tamunya karena sedang bulan puasa.

Mahfud MD yang juga Ketua MK periode 2008-2013 tersebut juga mendapat undangan untuk acara berbuka puasa bersama di Kedubes Jepang.

Wakil Dubes Ono saat bersilaturrahim dengan Mahfud MD didampingi oleh Direktur Politik Kedubes Jepang Susumu Takonai disertai dua staf lainnya. (Uli)