Wajah Honda CRF250L Dan CRF250 Rally Terbaru Bocor Di Dunia Maya

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 9 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Honda Jepang akan meluncurkan Honda CRF250L dan CRF250 Rally Model Year (MY) 2021 pada 13 November mendatang. Berkonsep ‘The Dakar Replica Weekend Adventurer’, motor trail kelas 250 cc ini diklaim lebih nyaman dibanding pendahulunya.

Tidak seperti biasanya, kali ini Honda lebih dulu melihatkan foto dari masing-masing calon motor. Padahal sebelumnya selalu memberikan informasi melalui video teaser. Kali ini bahkan pihaknya juga menyampaikan beberapa update perubahan, meski tidak terlalu detail. Walau tanggal sudah dipastikan, pabrikan juga belum menyebarkan berita bagaimana prosesi peluncurannya. Secara virtual atau dengan tatap muka.

Dilansir dari Liputan6.com (07/11/2020), gambar tersebut berasal dari situs web resmi Honda Jepang. Bocoran ini tampaknya sengaja diberikan untuk memberikan gambaran. Jika dilihat dari foto yang tersiar, tidak terlalu banyak perubahan. Masing-masing unit masih mengadopsi bentuk yang sama dengan model sebelumnya.

Untuk Honda CRF250L model 2021, ubahan ini terasa menarik. Pasalnya motor ini sudah 8 tahun tidak mendapat penyegaran. Sekilas tidak banyak yang diubah oleh pabrikan. Namun bila diamati lebih teliti, kita bisa melihat ada ubahan pada bagian bawah CRF250L. Model anyar menggunakan skid plate untuk melindungi bagian bawah mesin dari hantaman kerikil maupun batu. Lalu ada pelindung panas yang diletakkan di dekat leher knalpot. Penambahan lain terlihat pada handguard dan penutup samping dengan warna yang senada dengan bodinya.

Sasis

Sedang sasisnya mengalami perubahan dalam hal material. Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, sekarang lebih rigid dan kaku. Variabel itu menghasilkan bobot yang lebih optimal untuk penggunaan di medan berat. Semua itu didasari dari konsep pengembangan “Evolved ON-OFF GEAR”, yang merupakan penyempurnaan dari kombinasi On (kenyamanan berkendara sehari hari) dan Off (kesenangan untuk off road).

Hal lain yang terlihat adalah bagian headlamp yang berubah lebih pipih. Itu karena sekarang sudah menggunakan lampu jenis LED. Begitu pula dengan sinyal belok, bentuknya mengikuti produk global Honda lain, tipis dan memanjang. Mengenai pewarnaan, sama seperti CBR series, kombinasi Red White Blue khas HRC (RWB) hadir pada grafisnya.

CRF250 Rally juga mendapatkan sejumlah perubahan minimalis. Bagian kaca depan sekarang dibuat lebih tinggi dan masih mempertahankan lampu depan ganda asimetris. Tangki bahan bakar dibuat lebih besar. Namun belum diketahui seraca perinci mengenai kapasitasnya. Kalau merujuk dari model lama, ia mampu menampung bensin sebanyak 10,1 liter. Berkat ketambahan volume BBM, maka bagian bodi depan mengalami perombakan.

Karena berbagi basis dengan saudaranya, rangka yang dipakai juga sama seperti CRF250L. Berorientasi terhadap kekakuan, stabilitas dan pengurangan bobot. Begitu pula dengan travel suspensi, keduanya unit yang sekarang dirancang lebih panjang, baik untuk depan maupun belakang. Kalu model lawas, peredam kejut depan pakai inverted front fork (up-side down/USD) Showa 43 mm dengan panjang langkah 250 mm.

Sementara belakangnya menganut model pro-link dengan travel suspension 265 mm keluaran Showa. Untuk bagian swingarm menggunakan bahan alumunium yang dipadu monoblock cast. Jadi kedua motor dapat melahap semua medan tanpa memikirkan gejala terbentur bebatuan di bagian bawah mesin. Selain itu, ditujukan buat meningkatkan kenyamanan berkendara di jalan raya.

Karakter Mesin

Mesin Honda CRF250 Rally maupun Honda CRF250L memiliki karakteristrik keluaran yang bertenaga pada putaran mesin rendah hingga menengah. Kabarnya ada peningkatan performa dari mesin 250 cc yang disematkan, sehingga membuatnya jadi lebih bertenaga. Begitu juga dengan intake manifold maupun exhaust manifold hingga ke knalpotnya. Jika benar, berarti keduanya sudah lulus uji emisi Euro 5.

Tapi jika merujuk dari model lama, keduanya menggendong mesin DOHC 4-tak injeksi berkapasitas total 249,6 cc. Rancikan bore x stroke: 76 x 55 mm dan rasio kompresi: 10,7:1. Alhasil, keluaran daya tercapai adalah 24,4 Hp di putaran mesin 8.500 rpm. Sementara momen puntir maksimal 22,6 Nm pada 6.750 rpm. Namun saat ini belum ada kepastian mengenai perubahan tenaga.

Sekadar informasi, saat ini Honda CRF250 Rally dijual di Indonesia dengan harga Rp 83,6 juta On The Road Jakarta. Ia telah menerima pembaruan warna dan livery pada pertengahan 2019. Motor berjenis dual purpose kelas 250 cc ini ditawarkan dalam dua pilihan warna, yakni merah dan hitam.

Apakah PT Astra Honda Motor (AHM) akan menyusul Jepang untuk melakukan pembaruan pada CRF250 Rally di Indonesia? kita tunggu saja kabar baiknya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: