Waduh !!! Bom Alam Sutera-ITC Depok Berkaitan

Kamis, 29 Oktober 2015
Depok | Uploader Arif
loading...

DEPOK – Polda Metro Jaya mencium adanya keterkaitan antara ledakan di Mal Alam Sutera Tangerang Rabu (28/10) siang, dengan peristiwa
serupa yang terjadi di ITC Depok Februari lalu. Indikasi itu menguat lantaran bom di Alam Sutera memiliki kesamaan dengan temuan bom ITC Depok.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian mengatakan karakteristik Bom Alam Sutera sangat mirip. Baik dari rangkaian hingga cara perakitan.

” Yang sedikit beda hanya bahannya saja. Susunan kabelnya sama, daya ledaknya sama, masuk kategori low explosive (berdaya ledak rendah),” ujarnya kepada awak media saat mengujungi Mal Alam Sutera, Tangerang, Rabu (28/10/2015).

Tito menjelaskan, beberapa jam setelah peristiwa, Tim Densus 88 berhasil mengamankan LO, pria yang diduga kuat menjadi otak pengeboman Mal Alam Sutera. LO diciduk di Kompleks Banten Indah Permai, Serang, sore, Rabu (28/10/2015).

”Profesinya ini konsultan IT. Pakar IT (Teknologi Informasi). Kantornya ada di kawasan Alam Sutera, gak jauh dari Mal,” beber dia.

Ditanya ihwal LO otak dari peristiwa bom di ITC Depok, Tito mengatakan hal tersebut sangat mungkin. Sebab, dilihat dari pola yang dilakukan LO dalam melakukan teror, ia selalu mengincar pusat perbelanjaan.

”Meletakan bomnya juga sama, di toilet. Kami curiga LO ini orang yang sama sewaktu kejadian di (ITC) Depok,” tambah dia.

Seperti diketahui, Ledakan di Mal Alam Sutera terjadi sekitar pukul 12:05 WIB di kantin karyawan yang berlokasi di lower ground (LG), dekat area parkir basement.

Seorang karyawan tenant Borneo bernama Fian (24) terluka karena bom berada di dalam tempat sampah plastik yang terletak di bilik toilet.

Saat itu, Fian sedang buang air besar di bilik tersebut. Posisi tong sampah plastik berisi bom ada di dekat kaki sebelah kirinya. Ketika sedang mencuci tangannya, tiba-tiba tong sampah di dekatnya meledak.

Choiri, seorang saksi mata yang kenal dengan Fian, mengatakan, tempat sampah yang ditaruh bahan peledak berada di bawah wastafel, tempat Fian cuci tangan.

”Pas cuci tangan, meledak tempat sampahnya. Dari luar, kedengaran Fian teriak, langsung pada lari. Fian keluar sendiri dari toilet,” kata Choiri di lokasi kejadian, Mal Alam Sutera, Kota Tangerang, Rabu (28/10/2015).

Fian yang kaki kirinya terluka terkena ledakan kemudian dibopong teman-temannya dan dibawa ke rumah sakit terdekat Adapun ledakan bom di Mall Alam Sutera ini bukan yang pertama. Ledakan pertama terjadi pada tanggal 9 Juli 2015 di dalam toilet dekat rumah makan Gula Merah.

Beberapa karyawan juga menyebutkan perihal adanya bom pada bulan Agustus di toilet lantai tiga mal, tetapi tidak meledak. Semua bom berada di dalam toilet dan berdaya ledak rendah atau low explosive.

Terpisah, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Krishna Murti menjelaskan, ada empat kejadian upaya pengeboman yang dilakukan oleh LO. Dari empat percobaan, dua meledak dan dua lagi tak meledak.

”Kejadian bom yang meledak, pertama di Resto Gula Merah Bulan Juli dan Hari Ini (kemarin). Sementara yang kedua bulan Agustus tak meledak. Satu peristiwa lagi kemungkinan besar terjadi di Depok, tetapi masih kami dalami. Apakah LO pelaku yang sama, atau orang yang memiliki keterkaitan dengan LO,” ungkap dia.

Krishna menambahkan, ketika menciduk LO, pihaknya mengamankan abrang bukti berupa bom aktif. “Saat ini sedang diurai oleh Tim Gegana. Nanti bisa ketahuan sejauh mana tingkat kemiripannya dengan Bom ITC Depok. Secara sekilas memang sangat identik,” tutup dia.

(mam/jpnn/kcm)

Sumber : Pojoksatu.id

loading...