Volume Oli Menentukan Kinerja Dan Umur Mesin

liputan6com/indolinear.com
Senin, 6 November 2017
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Oli menjadi bagian penting agar kinerja jeroan mesin tetap terjaga dengan baik. Namun patut diketahui, penggunaan oli diwajibkan sesuai takaran dari yang dianjurkan pabrikan.

Menurut Assistant Sales Manager Aftermarket AISIN Asia Indonesia, Benny W Liem, untuk mengetahui berapa oli yang dibutuhkan mobil, ada baiknya berpedoman pada buku manual yang diberikan saat membeli mobil.

Hal ini tak lain karena masih saja terdapat pemilik mobil kerap mengisi oli secara asal dan ternyata jauh dari takaran yang telah ditentukan.

“Kalau tidak terlumasi atau ada bagian-bagiannya yang kurang. Contohnya ada bagian komponen di dalamnya A sampai Z, kalau tidak terlumasi semua bisa tidak maksimal performanya, “ ungkap Benny.

Tak dapat dimungkiri, meski memiliki kendaraan, tidak semua mengenal detail mobilnya. Termasuk takaran berapa liter oli yang harus diisi pada mobil kesayangannya.

Menurut Benny, kurang mengisi oli dengan tepat akan membuat mobil bermasalah dalam jangka panjang.

Beberapa bagian yang tidak terlindungi oli dipastikan akan terjadi gesekan antar komponen mesin, sehingga membuat di bagian mesin menguap dan menjadi panas. Oleh karena itu, ada baiknya memperhatikan buku pedoman manual. (Uli)