Virus Android Baru Yang Bisa Hapus Seluruh Data Smartphone

Sabtu, 20 Februari 2016

Indolinear.com – Perusahaan keamanan siber asal Denmark, Heimdal, baru saja menemukan malware atau virus Android baru yang sangat berbahaya. Malware itu diberi nama “Mazar”.

Mazar tergolong virus berbahaya karena bisa menyebar lewat SMS, melakukan panggilan, bahkan menghapus seluruh data yang ada di smartphone secara diam-diam! Menurut Heimdal, malware Mazar diperkirakan sudah menginfeksi 100.000 gadget di Denmark.

Mazar dapat menginfeksi smartphone lewat pemasangan aplikasi ‘tidak terpercaya’ atau dari luar Google Play Store. Selain itu, Mazar juga tersebar lewat SMS yang di dalamnya terdapat tautan. Bila tautan itu diklik pengguna, maka smartphone akan langsung menginstal aplikasi sebagai jembatan hacker untuk mengambil alih smartphone.

Uniknya, Mazar terbukti tidak bisa menginfeksi smartphone Android yang bahasanya diubah ke Rusia. Berdasarkan penelitian Heimdal pula, virus ini masih aktif di OS Android KitKat dan belum jelas apakah sudah bisa membobol Android Lollipop atau Marshmallow.

Terlepas dari itu, Heimdal menyarankan pengguna smartphone Android untuk tidak asal menginstal aplikasi dari luar Google Play Store dan mengacuhkan SMS berisi tautan mencurigakan. (uli)

 

Sumber: Merdeka.com

loading...