Viral Video Anggota TNI Evakuasi Hewan Purba Di Magetan

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 19 Desember 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Sebuah video yang menunjukkan beberapa anggota TNI sedang mengevakuasi hewan purba jenis Triceratops viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, tampak lima anggota TNI mengenakan pakaian lengkap dengan rompi bertuliskan Kodim 0804. Mereka sedang berusaha memandu binatang yang memiliki tiga tanduk di kepalanya untuk turun dari sebuah truk.

“Dalam video tersebut, terlihat sekitar 5 anggota TNI berbaju lengkap dengan rompi bertuliskan Kodim 0804, sedang menurunkan binatang besar mempunyai 3 tanduk serta dikelilingi perisai di leher dari atas truk dibantu oleh oleh warga,” tulis @smart.gram, dilansir dari Merdeka.com (18/12/2020).

Kabar yang Beredar

Dalam video yang tersebar di grup-grup WhatsApp itu, terdapat keterangan yang menjelaskan bahwasanya hewan tersebut berasal dari Gunung Lawu.

“WhatsApp group digegerkan dengan pertanyaan ditemukan badak di sekitar wisata Cemoro 1000,” lanjut @smart.gram.

Tak butuh waktu lama, kabar tersebut segera tersebar ke berbagai grup WhatsApp. Meskipun tidak sedikit yang mempertanyakan kebenarannya, ada juga warganet yang mempercayai keberadaan hewan purba itu.

Fakta di Lapangan

Setelah ditelusuri, ternyata hewan tersebut merupakan replika alias bukan hewan asli. Replika itu sengaja dibuat bergerak supaya menyerupai hewan aslinya. Replika hewan purba ini merupakan koleksi baru di Taman Wisata Dinosaurus (Forest) Park Mojosemi di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

“Faktanya, patung badak bergerak (teknologi gerak) tersebut adalah koleksi baru yang didatangkan untuk menambah edukasi di tempat wisata Mojosemi,” tulis keterangan Instagram @smart.gram.

Dengan demikian, pemilik akun Facebook bernama Tuman, meminta masyarakat tidak membuat narasi atau melebih-lebihkan sesuatu yang tidak diketahuinya. Sehingga tidak menimbulkan kegaduhan. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: