Viral Guru Honorer Ungkap Gaji Pertama, Sekali Tatap Muka Dibayar Rp3.000

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Selasa, 10 Mei 2022
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indolinear.com, Jakarta – Cita-cita sebagai seorang guru masih sering kita dengar di kalangan anak sekolah. Para anak didik ini kagum dengan perjuangan guru mereka yang telah banyak memberikan pelajaran sehingga berharap kelak bisa mengikuti jejaknya.

Namun di balik sikap mulia yang ditunjukan para pendidik, kita masih mendengar cerita miris tentang kehidupan seorang guru honorer. Dengan tugas tak ringan memberikan pendidikan dan menghadapi karakter anak yang bermacam-macam, para guru honoer harus menghadapi kenyataan pahit menerima risiko mendapat gaji kecil.

Baru-baru ini seorang guru yang diduga adalah tenaga honorer menunjukkan gaji pertamanya yang dianggap sangat tidak layak.

Video guru pamer gaji pertama yang menghebohkan tersebut diunggah dan dibagikan oleh akun Instagram @statusfakta.

Dalam video berdurasi 26 detik itu awalnya memperlihatkan guru bernama Lia membuka sebuah amplop kecil, dilansir dari Dream.co.id (09/05/2022).

Amplop tersebut berisi uang yang merupakan gaji pertamanya sebagai seorang guru.

Saat dibuka, terlihat ada lembaran uang pecahan Rp100 ribu yang dilipat rapi. Lia kemudian mengambil uang tersebut dan merapikannya.

Ternyata Lia hanya menemukan dua lembar uang pecahan Rp100 ribu. Rupanya, gaji pertamanya sebagai seorang guru hanya sebesar Rp200 ribu.

Tidak sampai di situ, Lia juga menemukan selembar kertas di dalam amplop gajinya itu. Lembaran tersebut ternyata berisi rincian gajinya di bulan Februari.

Dari rincian gaji tersebut, terungkap Lia ternyata mendapatkan gaji pokok cuma Rp100 ribu per bulannya.

33 Kali Mengajar Tatap Muka Digaji Rp99 Ribu

Gaji pokok itu kemudian ditambah dengan bayaran selama pembelajaran tatap muka. Sekali tatap muka, Lia mendapatkan uang sebesar Rp3.000.

Dalam lembaran itu disebutkan Lia telah melakukan pembelajaran tatap muka sebanyak 33 kali. Sehingga, bayarannya selama pembelajaran tatap muka sebesar Rp99 ribu.

Jadi, Lia sebenarnya mendapatkan penghasilan total sebesar Rp199 ribu dari profesinya sebagai seorang guru honorer.

Guru mendapat gaji cuma Rp200 ribu per bulan langsung ramai dikomentari netizen. Rata-rata melontarkan kritikan dan ikut miris melihat gaji guru yang dinilai tidak layak.

Bahkan, tidak sedikit yang menyoroti gaji sekali tatap muka yang hanya Rp3.000. Netizen kemudian membandingkan gaji tersebut penghasilan guru les yang dinilai lebih besar.

” Di mana harga diri guru tu cuma ‘segini’ loh, tidak sebanding dengan hal lain.. Di mana sistem pendidikan kita tu ‘sebobrok’ ini loh, tenaganya kurang dihargai..”

” Rental PS, 5K/ jam. Mencerdaskan bangsa 3K/ tatap muka 🔥 mantap.”

” Astaghfirullah.. kok malah banyakan aq yg dulu penyiar radio perjam maribu, itupun tahun 2008 😢 sedihnya.. pahlawan tanda jasa dihargai segini, ya Allah..”

” Ya Allah… miris bngt 😢😢😢.” (Uli)