Viral Awan Berbentuk Cincin Di Langit Kediri, Begini Faktanya

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 5 Desember 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Warga Kediri sempat digegerkan dengan fenomena awan berbentuk cincin di langit daerah setempat. Informasi mengenai awan yang menyerupai bentuk cincin itu sampai ke Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya.

BMKG memiliki penjelasan khusus mengenai keberadaan awan berbentuk cincin yang juga sempat viral di media sosial itu, sebagaimana dilansir dari Merdeka.com (04/12/2020).

Bukan Fenomena Alam

“Sebuah awan berbentuk cincin membentang di birunya langit Kediri menjadi perhatian warga dan netizen. Lalu apa kata BMKG soal peristiwa itu?,” tulis @medsoskediri.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto menjelaskan, pihaknya telah mengecek jejak awan berbentuk cincin di langit Kediri. Hasilnya, peristiwa itu ternyata bukan fenomena alam, melainkan jejak uap (coctrail) pesawat milik TNI AU yang sedang berlatih.

“Kita sudah croscek Tower TNI AU di Madiun, bahwa tadi pagi ada pesawat latih yang areanya sampai ke Kediri. Dimungkinkan itu merupakan contrail pesawat latih TNI-AU yang bermanuver,” ujar Teguh, Selasa (1/12).

Jejak Awan Salju

Menurut Teguh, contrail atau jejak kondensasi ialah jejak uap yang muncul dari sisa pembakaran mesin pesawat. Selanjutnya, apabila uap menabrak udara dingin, maka uap itu akan berubah menjadi kristal es dan meninggalkan jejak awan salju.

“Apabila uap air tersebut menabrak udara dingin uap air itu berubah menjadi kristal-kristal es yang meninggalkan jejak awan salju putih,” jelasnya.

Jejak awan salju itu bisa berlangsung beberapa menit bahkan hingga hitungan jam. Lamanya durasi jejak uap tergantung pada kondisi atmosfer yang ada.

“Jejak kondensasi dapat terlihat dalam waktu beberapa detik atau menit, atau bahkan berjam-jam, bergantung pada kondisi atmosfer,” imbuh Teguh.

Sempat Viral

Sebelumnya, awan berbentuk cincin yang tampak di langit Kediri itu sempat menggegerkan warga setempat. Tidak hanya itu, fenomena itu juga ramai dipercincangkan warganet.

“Fenomena ini pun ramai di media sosial. Foto dan video awan cincin ini di-upload oleh Ahmad Hidayat (28), warga Jamsaren, Pesantren, Kota Kediri di medsosnya,” tulis @medsoskediri.

Warganet pun ramai mengomentari foto yang diunggah di instagram @medsoskediti. “Kenapa bentuknya gitu? Kalo bentuknya gini ❤ itu bentuk cintaku padamu zhezheenk,” komentar @hafiz_alfaridzi.

“Emang lebay orang indonesia apa2 fenomena taunya pesawat TNI ber manuver,” komentar pemilik akun bernama @handoko1034. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: