Vinfast Asal Vietnam Berambisi Mengekspor Mobil Listrik Ke Amerika Serikat

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 29 September 2020
loading...

Indolinear.com, Hanoi – Berhasil menarik perhatian dunia, mobil merek Vietnam hadir dengan merek VinFast dua tahun lalu. Memiliki dua model andalan, perusahaan dengan cepat mengembangkan produksinya.

Setelah resmi menghadirkan SUV mewah Monicker Presiden, VinFast menegaskan akan mulai memasuki pasar Amerika Serikat pada tahun 2021 dengan melakukan ekspor kendaraan listrik yang sedang dikembangkan saat ini.

Pemilik Vingroup, Pham Nhat Vuong mengatakan, VinFast berkeinginan untuk membangun brand Vietnam yang memiliki reputasi kelas dunia.

‚ÄúTantangan terbesar kami adalah produk Vietnam tidak memiliki merek internasional. Bagi banyak teman internasional, Vietnam masih merupakan negara yang miskin dan terbelakang. Kami harus menemukan cara untuk memasarkan dan membuktikan produk kami mewakili Vietnam yang telah mencapai standar tertinggi dunia,” katanya, dilansir dari Liputan6.com (27/09/2020).

Sejalan dengan laporan sebelumnya, VinFast memiliki keinginan untuk memasuki pasar Amerika Serikat. Memiliki niat besar, Vuong bahkan melakukan investasi hingga $2 miliar dengan kekayaan pribadinya.

Terlepas dari banyak rintangan yang dirasakan, perusahaan melihat pasar Vietnam terlalu kecil untuk profitabilitas. Oleh karena itu, perusahaan mulai melakukan perluasan ke pasar yang lebih menguntungkan.

VinFast

Dibuat berdasarkan model konsep LUX SA2.0 yang pernah dikenalkan di Paris Motor Show 2018, VinFast President menjadi SUV bongsor pertama pabrikan. Beda dengan info yang diungkapkan saat itu, enjin tak memakai konfigurasi empat silinder 2,0 liter turbocharger.

Jauh bertenaga. Berupa dapur pacu V8 berkubikasi masif 6,2 liter. Setelan segitu menghasilkan energi puncak 419 Tk dan torsi tertinggi 624 Nm.

Seluruhnya disalurkan ke empat roda melalui sistem transmisi otomatis 8-speed. Klaimnya unit dapat melesat dari posisi nol ke 100 kpj dalam 6,8 detik dan kecepatan puncak 300 kpj.

VinFast Lux SA President, SUV Mewah dari Vietnam

Pabrikan otomotif VinFast asal Vietnam kembali memperkenalkan mobil mewah. Mobil tersebut adalah edisi khusus Lux SA, yaitu President.

SUV President ini sebenarnya pernah dipamerkan dalam ajang Geneva Motor Show 2019. Saat itu SUV mewah ini diberi nama Lux V8 dan masih berupa mobil konsep.

Lux President menggunakan platform Lux SA 2.0. Tapi tampilannya lebih mewah dan gagah dengan kelir bodi hitam matte dan aksen kuning.

Bagian depan tampak jauh berbeda dairi versi konsep. Termasuk grille sarang lebah, bumper yang didesain ulang, dan air intake besar yang bikin VinFast terlihat mirip mobil sport. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: