Vietnam Tunda Penyelenggaraan SEA Games Sampai Tahun Depan

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Sabtu, 10 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Vietnam – Vietnam memutuskan menunda penyelenggaraan SEA Games yang rencananya akan berlangsung pada 21 November-2 Desember mendatang di Hanoi, ditunda menjadi tahun depan.

Setelah komite kerja Federasi SEA Games kemarin bertemu, Dewan Olimpiade Nasional Singapura (SNOC) mengeluarkan pernyataan yang menyatakan SEA Games tidak akan diselenggarakan tahun ini.

“NOC Vietnam akan mengeksplorasi tanggal baru untuk dipertimbangkan. SNOC akan menyesuaikan kebijakan pemilihan yang sesuai untuk mencerminkan tanggal baru setelah rinciannya dikonfirmasi,” sebut SNOC dalam pernyataan resminya dikutip The Tribunnews.com (09/07/2021).

Keputusan ini mengkonfirmasi spekulasi sebelumnya bahwa Olimpiade Hanoi akan dijadwal ulang karena Komite Olimpiade Vietnam (VOC) telah menandai kekhawatiran atas kelayakan penyelenggaraannya tahun ini di mana kawasan Asia Tenggara tengah berjuang melawan lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir.

Ajang olahraga bergengsi di Asia itu akan menampilkan lebih dari 10.000 atlet, pelatih, dan peserta lainnya.

Vietnam, yang terakhir kali menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 2003, telah menyiapkan anggaran sebesar US$ 69 juta (S$91,3 juta) untuk menggelar kompetisi tersebut.

Meskipun dilaporkan telah memperkenalkan kebijakan “tidak ada vaksin, tidak ada partisipasi” untuk acara tersebut, jumlah kasus di negara tersebut telah meningkat hampir 10 kali lipat sejak Maret menjadi lebih dari 23.000 kasus.

Vietnam Phap Luat Online mengabarkan, VOC telah mengirim surat kepada rekan-rekan regionalnya yang mengusulkan penundaan pelaksanaan SEA Games tahun ini hingga Juli tahun depan karena situasi pandemi Covid-19 yang rumit.

Tetapi ESPN melaporkan bahwa mayoritas komite Olimpiade nasional, termasuk Singapura, telah “memilih menentang” proposal untuk memundurkan acara tersebut ke Juli.

Tanggal tersebut bermasalah untuk negara-negara seperti Singapura dan Malaysia karena Commonwealth Games di Birmingham ditetapkan pada 28 Juli-8 Agustus, dan kalender olahraga tahun depan juga dikemas dengan acara multi-olahraga besar lainnya termasuk Olimpiade Musim Dingin di Beijing (Februari) dan Asian Games di Hangzhou (September).

Varin Tansuphasiri, anggota Dewan Pertandingan dan wakil sekretaris Komite Olimpiade Thailand mengatakan kepada AFP kemarin bahwa Vietnam mengusulkan April atau Mei tahun depan sebagai tanggal alternatif. (Uli)