Video King Cobra Hilang Kehormatan Di Depan Hewan Mungil

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Rabu, 13 Juli 2022
Unik | Uploader Yanti Romauli

Indolinear.com, Jakarta – Kehidupan binatang di alam liar tidaklah ramah. Di sanalah berlaku hukum rimba. Siapa yang kuat dia jadi penguasa. Para predator kelas kakap selalu nangkring di puncak piramida rantai makanan.

Sehingga tidak heran kehidupan di alam liar kerap diwarnai pertarungan di antara hewan, baik untuk berebut wilayah kekuasaan maupun sekadar mempertahankan hidup.

Demikian pula di Gurun Kalahari, Afrika. Di padang luas itu juga diwarnai pertarungan-pertarungan di antara para penghuninya. Binatang yang kuat memangsa yang lebih lemah. Sementara mereka yang lemah bertahan sebisa mungkin untuk tetap hidup.

Salah satu pertarungan terekam oleh national Geographic. Dalam video yang diunggah kanal YouTube National Geographic, terlihat sekawanan anjing meerkat tengah melawan seekor king cobra raksasa.

Semua tahu bahwa king cobra punya bisa mematikan. Sekali gigit, racun king cobra dapat melumpuhkan lawan, meski ukurannya raksasa sekalipun, dilansir dari Dream.co.id (12/07/2022).

Dan, dalam video yang diunggah tahun 2020 itu, seekor anjing meerkat anakan yang baru berusia lima bulan berhadapan satu lawan satu dengan king cobra raksasa itu.

Jelas saja meerkat anakan itu dalam masalah besar. Dia sedang berhadapan dengan salah satu ular paling berbahaya di muka Bumi ini.

Karena sadar tak mampu melawan ular itu, sang meerkat anakan memanggil kerabatnya. Jadilah meerkat-meerkat yang lain mendekat, mengepung king cobra itu.

Meerkat dewasa melawan king cobra itu dari depan. King cobra berusaha mematuk lawannya. Namun dengan lincah meerkat yang sudah berumur itu melompat ke belakang, menghindari patukan king cobra.

Para meerkat itu bertekat mengusir king cobra dari wilayah mereka. Jika tidak, maka akan membahayakan kelompok mereka. karena itulah meerkat-meerkat itu mengeroyok si melata.

Pertarungan itu pula mengajarkan ke anak-anak meerkat bahwa mereka akan menang melawan binatang pengganggu di gurun bila bekerja secara tim.

Dalam pertarungan itu, kelompok meerkat tidak membunuh si king cobra, melainkan hanya menakut-nakuti saja. Saat king cobra tahu kalah jumlah, perlahan meninggalkan wilayah itu. Tanpa perlawanan lagi.

Mengapa kobra takut dengan meerkat? Meerkat mungkin kebal terhadap dari beberapa jenis ular berbisa. Ahli biologi telah menemukan meerkat kebal terhadap beberapa racun ular karena termasuk keluarga luwak.

Di beberapa bagian dunia, orang menjadikan luwak sebagai penjaga rumah karena dapat bertarung dengan ular yang mematikan, seperti kobra. (Uli)