Varian RWD Daihatsu Xenia Tetap Dipertahankan Dampingi Model FWD

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 10 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Generasi terbaru Daihatsu Xenia dikabarkan mengusung sistem pengerak baru yakni front wheel drive (FWD). Dengan begitu, mobil sejuta umat ini meninggalkan sistem penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD) yang sejak 2004 menjadi andalan mobil Low MPV di tanjakan.

Namun, benarkah All New Daihatsu Xenia atau Avanza benar-benar meninggalkan sistem RWD yang selama ini menjadi satu kekuatannya?

Sumber membenarkan generasi ketiga mobil kembar ini akan membawa sistem FWD seperti yang ramai diberitakan. Namun, sistem RWD tidak juga ditinggalkan.

“Saya tidak bisa memberikan jawaban lebih daripada itu (varian RWD),” ujar si sumber, dilansir dari Liputan6.com (08/11/2021).

Sumber lainnya menegaskan bahwa All New Xenia akan memiliki dua varian, yakni FWD dan RWD. “Jadi variannya bertambah di generasi ketiga Avanza-Xenia ini.”

Merunut ke belakang, Xenia dan Avanza adalah mobil kembar pertama yang dikembangkan bersama-sama Toyota dan Daihatsu di Indonesia pasca-krisis moneter 1998.

Dengan konsep produk kolaborasi, mobil Low MPV ini diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor.

Duet Avanza-Xenia Merajai Segmen LMPV

Mobil kembar Avanza-Xenia ini dipasarkan pada awal 2004 dengan positioning mobil keluarga di bawah Toyota Kijang yang harga jualnya meroket pasca-krismon 1998. Mobil ini pun melahirkan segmen baru di pasar otomotif nasional: Low MPV.

Tak butuh waktu lama, duet Avanza-Xenia ini kemudian merajai pasar otomotif Indonesia. Volume penjualan keduanya sangat tinggi dan menjadi mobl keluarga paling laris di Indonesia.

Pada 2012-2013, mobil kembar ini pernah mencapai penjualan tertinggi secara nasional. Avanza mencatat penjualan tertinggi sebesar 213.000 unit pada 2013, sementara Xenia lebih dari 73.000 unit pada 2012.

Menariknya, hasil ini terjadi seteleh generasi keduanya dirilis pada November 2011.

Bahkan Avanza sendiri selalu meraih gelar mobil terlaris nasional sejak 2004 hingga 2019. Per 2020, total penjualan Avanza mencapai 1,84 juta unit, sementara Xenia hampir 700.000 unit. (Uli)