Vaksin Pfizer Terbukti Aman untuk Anak Usia 5-11 Tahun

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Jumat, 24 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Apakah vaksin Covid-19 aman untuk anak-anak usia 5-11 tahun? Jawabannya adalah iya.

Melansir dari Tribunnews.com (23/12/2012), regulator Amerika Serikat (AS) mengesahkan vaksin Pfizer untuk anak dengan usia lebih muda terbukti aman, setelah jutaan anak berusia 12-17 tahun mendapatkan suntikan.

Perlu dicatat, Pfizer merupakan satu-satunya vaksin Covid-19 yang tersedia di AS.

Lebih dari lima juta anak usia 5-11 tahun telah menerima dosis pertama sejak awal November 2021.

Berdasarkan pantauan pemerintah, belum ditemukan adanya masalah yang mengejutkan.

Kelompok usia ini mendapatkan vaksin Pfizer/BioNTech dengan dosis ukuran anak, sepertiga dari jumlah yang digunakan untuk anak usia 12 tahun ke atas.

Anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun mengembangkan antibodi penangkal virus sekuat yang dimiliki remaja dan dewasa muda yang mendapat dosis reguler.

Reaksi yang dialami serupa dengan anak dengan usia lebih tinggi, sepertinyeri di bekas suntikan, demam, atau pegal-pegal.

FDA telah meninjau keamanan dosis ukuran anak pada 3.100 anak yang disuntik vaksin Covid-19.

Regulator menganggap data itu cukup, mengingat informasi keamanan dari ratusan juta dosis lebih besar yang diberikan kepada orang dewasa dan remaja di seluruh dunia.

Sangat jarang, remaja dan dewasa muda yang diberi vaksin Pfizer atau sejenis buatan Moderna mengalami efek samping yang serius, radang jantung, atau miokarditis.

Mereka cenderung pulih dengan cepat, dan setelah pengawasan ketat otoritas kesehatan AS menyimpulkan manfaat vaksin lebih besar daripada risiko kecil itu.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sedang menyelidiki beberapa laporan peradangan jantung, sebagian besar ringan dan singkat, di antara anak-anak berusia 5 hingga 11 tahun sejak vaksinasi kelompok usia itu dimulai. (Uli)

loading...