Usung Format Berbeda, Kustomfest 2021 Hadir Di Sejumlah Kota

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 12 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Situasi pandemi Covid-19 yang masih menghantui Indonesia membuat Kustomfest 2021 digelar dalam format berbeda. Tidak digelar di sebuah gedung di Yogyakarta seperti saat situasi normal ataupun dalam format galeri seni seperti penyelenggaraan tahun lalu, melainkan dengan melakukan perjalanan dan singgah di sejumlah kota.

Director Kustomfest Lulut Wahyudi menyampaikan, dalam situasi pandemi Covid-19 kali ini Kustomfest mencoba merangkum sebuah perjalanan sakral yang akan melewati beberapa kota di Jawa dan Bali sebagai suatu momentum untuk bisa kembali bertemu dan bersapa.

“Tahun ini Kustomfest berjalan dengan format yang berbeda, biasanya kita mengadakan Lebaran kustom di Jogja dengan penuh euforia. Tapi tahun ini Kustomfest kita buat acaranya berbeda yang bertajuk Kustomfest 2021 Ride & Drive See You Again,” terang Lulut saat pembukaan Kustomfest 2021 di Gedung Pegadaian Salemba, Jakarta, dilansir dari Liputan6.com (10/11/2021).

Menurutnya, selama sembilan tahun ini para pecinta kustom pergi ke Jogja untuk menghadiri Kustomfest, namun di tahun ke-10 penyelenggaraannya, Kustomfest yang datang menyapa para pecinta kustom melalui sebuah perjalanan dari Pelabuhan Merak hingga Pelabuhan Padang Bai.

“Salah satu visi dan misi dari perjalanan kali ini adalah untuk mencoba membangun kembali ikatan emosional dari Kustomfest dengan semua pecinta Kustom Kulture di Indonesia,” katanya.

Kota yang Disambangi

Roadshow Kustomfest 2021 dimulai dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Padang Bai Bali dari 4-12 November 2021 dengan singgah di beberapa kota di Pulau Jawa sebelum diakhiri di Pulau Bali.

Beberapa kota yang disinggahi di antaranya Jakarta, Bandung, Purwokerto, Semarang, Solo, Surabaya, dan Bali.

Meski berlangsung singkat, Kustomfest 2021 tetap menyuguhkan beragam aktivitas, seperti Kustom Kulture Ride & Greet dengan konten diskusi dan perjumpaan ringan, memberikan Kustomfest’s Pick untuk penghargaan karya kustom Kulture yang dipamerkan saat sesi Ride & Greet, serta penayangan film dokumenter Kustomfest 2021 #seeyouagain.

Secara online Kustomfest 2021 juga menghadirkan Virtual Galeri Tour yang memungkinkan penonton melihat sebuah konsep pertunjukan virtual karya dalam format 360 dan bisa diakses selama 24 jam.

Kemudian, ada pula Kustomfest #unrestricted the movie sebuah karya film dokumenter yang bisa disaksikan secara virtual, Merch Collabs dengan merek pilihan, serta kanal khusus e-commerce untuk partner. (Uli)