Usai Makan Ikan Tongkol, Ratusan Santri di Tasikmalaya Keracunan

Rabu, 28 Oktober 2015
Info Banten | Uploader Arif
loading...

TASIKMALAYA – Ratusan santri Pondok Pesantren Ma’had Ihya As Sunnah Tasikmalaya keracunan, puluhan orang diantaranya terpaksa dilarikan ke rumah sakit, Selasa (27/10/2015) sore. Mereka diduga keracunan usai mengonsumsi ikan tongkol.

Menurut Pimpinan Ponpes Ma’had Ihya As Sunnah Tasikmalaya, Ustad Maman para santrinya mengeluh mual, pusing dan muntah-muntah setelah makan siang sekiter pukul 12.30-13.00 WIB.

”Jadwalnya kebetulan memang menu ikan laut, tapi baru kali ini dengan tongkol,”jelas Ustad Maman yang ditemui wartawan di Rumah Sakit Tasik Medical Center (TMC)

Usai makan siang itu, sekitar 100 santri mulai mengalami gejalamual, pusing dan muntah-muntah. 30 santri terpaksa harus dilarikan ke salah satu rumah sakit swasta di Kota Tasikmalaya. Sedangkan puluhan santri lainnya, mendapat perawatan dari petugas medis pos kesehatan pesantren dan petugas puskesmas.

“Sebagian dapat ditangani di poskestren, tetapi ada sekitar 30 santri terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena mengalami dehidrasi, sesak nafas dan demam,” tuturnya.

Menurutnya, petugas dari Polsek Cihideung yang datang ke lokasi langsung mengamankan barang bukti berupa ikan tongkol. Sedangkan untuk mengetahui lebih pasti penyebab keracunan tersebut, Dinas Kesehatan akan membawa sejumlah sampel makanan ke laboratorium Bandung

(dea)

Sumber : Pojoksatu.id