Unsur-Unsur Iklan, Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis Agar Sukses Menjalani Bisnis

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 2 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Banyak orang memulai bisnis baru di masa pandemi. Kebanyakan dari mereka memulai bisnis online dengan berbagai produk.

Mereka akan membuat berbagai iklan sebagai sarana promosi produknya, mulai dari produk makanan, pakaian, makeup, hingga peralatan rumah tangga.

Bisnis online di masa pandemi memang menjadi solusi untuk mempertahankan hidup. Pembatasan keluar rumah dan ketatnya penjagaan protokol kesehatan, membuat bisnis online semakin diminati oleh para pebisnis.

Berjualan di dunia online pastinya membutuhkan iklan yang menarik dan unik untuk memasarkan produknya.

Jika kamu hendak membuat sebuah iklan untuk produkmu, maka perlu memerhatikan unsur-unsur iklan supaya iklanmu mampu menarik pembeli sebanyak mungkin.

Dilansir dari Dream.co.id (30/09/2021) terkait unsur-unsur iklan, pengertian, ciri-ciri, jenis agar kamu sukses jalani bisnis. Yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Iklan

Sebelum membicarakan tentang unsur-unsur iklan, alangkah baiknya kita pahami dulu pengertian iklan.

Iklan adalah segala bentuk pesan promosi produk atau jasa yang disampaikan melalui media tertentu yang mana ditujukan kepada sebagian besar masyarakat supaya mau membeli produk atau jasa tersebut.

Dalam hal ini, iklan menjadi sarana untuk mempromosikan produk tertentu dengan sangat jitu. Sebab tanpa adanya iklan pembeli tidak akan mengetahui produk atau jasa yang kamu jual.

Pengertian iklan yang lain adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, lembaga, perusahaan atau instansi yang berisi pesan menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada publik.

Ciri-Ciri Iklan

Kemudian, iklan memiliki ciri-ciri yang membuatnya bisa menarik pelanggan supaya membeli produk atau jasa yang dijual seseorang. Ciri-ciri iklan antara lain adalah menggunakan kata-kata ajakan atau persuasif.

Iklan yang baik adalah iklan yang menjelaskan secara detail produk yang diiklankan, pesan iklan disampaikan secara komunikatif dan informatif.

Meskipun niatnya mengajak orang untuk membeli produk atau jasa, namun sebaiknya iklan harus jujur dan objektif. Supaya pembeli tidak merasa tertipu dengan iklan yang sudah kamu buat.

Iklan yang kamu buat boleh memadukan unsur teks, gambar, video, gambar bergerak dan suara serta musik supaya semakin menarik. Karena semakin menarik iklan yang kamu buat, maka produk atau jasa yang kamu jual akan semakin dikenal masyarakat.

Jenis-Jenis Iklan

Unsur-unsur iklan berkaitan erat dengan jenis iklan yang dibuat. Dilihat dari jenisnya, iklan dibedakan menjadi iklan berdasarkan isinya, medianya dan tujuannya.

Jenis iklan menurut isinya ada empat, yaitu iklan penawaran atau niaga, iklan permintaan atau iklan lowongan pekerjaan, iklan pengumuman atau informasi, dan iklan layanan masyarakat.

Sementara itu iklan berdasarkan medianya ada tiga macam yaitu iklan media cetak, iklan media elektronik, dan iklan media internet. Terakhir, iklan berdasarkan tujuannya bisa dibedakan menjadi dua yaitu iklan komersial dan iklan non-komersial.

Unsur-Unsur Iklan

Supaya iklan yang kamu buat bisa menarik para pelanggan, maka kamu perlu memahami unsur-unsur iklan berikut ini.

Keunikan Produk

Unsur-unsur iklan yang pertama adalah adanya sebuah produk yang kamu promosikan. Nama produk atau jasa menjadi identitas dari produk yang ditawarkan. Informasi nama produk harus ditonjolkan supaya mudah dikenali oleh publik.

Sebelumnya, Sahabat Dream juga harus menentukan target pembeli, supaya muncul ketertarikan untuk membeli produk yang ditawarkan melalui iklan tersebut.

Maka dari itu kamu perlu menyiapkan ide kreatif untuk iklan supaya calon pembeli tertarik membeli produk tersebut dan selalu teringat tentang produk yang dipasarkan melalui iklan yang unik dan memiliki ciri khas.

Gambar Produk

Gambar juga perlu diperhatikan karena masuk dalam unsur-unsur iklan yang perlu diperhatikan. Gambar akan memberikan visualisasi tentang sebuah produk. Sebuah iklan yang hanya mengandung unsur teks saja akan terasa membosankan.

Penggunaan gambar dalam membuat iklan tentu akan membuat iklanmu menjadi lebih menarik bagi orang yang melihatnya. Apalagi jika kamu memadukan unsur teks, gambar, gambar bergerak, dan video, audio, serta musik untuk membuat iklanmu lebih ciamik.

Tampilkan Keunggulan

Jika kamu sudah mendapatkan unsur-unsur iklan berupa gambar dan kawan-kawannya, maka selanjutnya kamu harus menampilkan keunggulan-keunggulan produk atau jasa yang akan kamu tawarkan.

Keunggulan produk ini harus ditonjolkan karena bisa menjadi nilai plus dan alasan mengapa target konsumen harus membeli atau menggunakan produk yang kamu tawarkan.

Kalimat Deskriptif

Unsur-unsur iklan selanjutnya adalah penggunaan kalimat deskriptif. Kalimat ini sangat penting untuk menjelaskan dan menguraikan secara spesifik produk atau jasa yang diiklankan.

Kalimat deskriptif yang dipakai juga tidak sembarang, namun harus menarik dan bisa dipahami oleh publik. Sebab jika kalimat susah dipahami akan mengurangi tujuan iklan itu sendiri.

Gunakan Kalimat Ajakan

Selain kalimat deskriptif, unsur-unsur iklan yang perlu kamu perhatikan adalah penggunaan kalimat ajakan semenarik mungkin.

Fungsi kalimat persuasif adalah untuk mengajak atau membujuk orang untuk menggunakan produk atau jasa yang sedang dipromosikan. Sehingga kata-kata yang dipakai harus singkat, dan padat seperti slogan.

Membangun Kepercayaan

Unsur-unsur iklan yang tidak kalah penting adalah bagaimana iklan yang dibuat bisa membangun kepercayaan kepada para pembeli.

Penjual sangat dianjurkan membuat iklan semenarik mungkin, namun tidak boleh membohongi publik dengan melebih-lebihkan produk.

Untuk mendapatkan rasa percaya pada diri konsumen maka iklan harus didukung dengan berbagai peragaan seperti pembuktian atau testimoni dengan kata-kata yang meyakinkan.

Membangun Minat Pembeli

Minat merupakan unsur-unsur iklan yang penting diperhatikan. Iklan harus disesuaikan dengan minat atau ketertarikan dari target konsumen sehingga calon pembeli merasa ingin tahu dengan detail produk yang ditawarkan. Puncaknya konsumen mau membeli produk tersebut.

Jika pembeli mau membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan, berarti iklan yang dibuat telah memenuhi unsur-unsur iklan salah satunya adalah membangun minat.

Munculkan Keinginan

Unsur-unsur iklan yang selanjutnya adalah bisa memunculkan keinginan atau desire. Artinya iklan harus mampu memecahkan masalah yakni keinginan konsumen.

Para pengiklan harus bisa menemukan cara bagaimana untuk menggerakkan hati konsumen supaya berkeinginan membeli produk lewat iklan yang ditayangkan.

Desain Produk

Sahabat Dream harus memikirkan logo, nama produk, kalimat menarik yang digunakan untuk iklan produk atau jasa yang ditawarkan. Jika semua itu sudah kamu siapkan, maka selanjtunya buatlah desain produk yang unik dan menarik.

Desain produk ini menjadi penentu apakah sesuatu yang ditawarkan bisa menggugah hati konsumen untuk membeli ataukah tidak. Sebab jika desain produk tidak maksimal, maka tentu saja konsumen tidak memahami barang tersebut.

Inilah kenapa desain produk memiliki kekuatan untuk menggerakkan minat konsumen untuk membeli.

Kontak Penjual

Unsur-unsur iklan yang terakhir adalah cantumkan kontak penjual. Kamu perlu mencantumkan nomor telepon, akun media sosial, dan alamat toko penjual. Dengan mencantumkan kontak penjual ini akan membuat calon pembeli lebih percaya dengan toko tersebut.

Di saat pembeli melihat iklan dan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan lewat iklan, maka pembeli juga bisa langsung menghubungi nomor penjual. Hal ini tentu memudahkan pembeli sekaligus penjual untuk bertransaksi. (Uli)