Umpan Pendek Dalam Sepak Bola Teknik Dan Keunggulannya

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 3 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Mengumpan atau passing menjadi salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh pemain sepak bola. Pemain yang memiliki keterampilan ini akan lebih leluasa memainkan bola.

Mengutip dari Kompas.com (02/07/2021), mengumpan adalah memberikan bola kepada teman satu tim agar bola tetap dalam penguasaan.

Istilah lain yang sering digunakan untuk mengumpan adalah menyodorkan bola atau mengoper.

Teknik mengumpan memungkinkan terjadinya koordinasi di dalam tim. Sebab, proses serangan dan penerapan strategi tim dibangun dari rangkaian proses mengumpan, baik menggunakan kaki atau kepala.

Jenis-jenis umpan dalam sepak bola

Dalam permainan sepak bola, ada empat jenis umpan yang dikenal yaitu umpan pendek, umpan panjang, umpan satu dua sentuhan, dan umpan terobosan atau through pass.

Keempat jenis umpan tersebut bisa digunakan satu per satu atau dikombinasikan.

Setiap jenis umpan tersebut juga memiliki keunggulannya masing-masing.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai teknik umpan pendek dan keunggulannya.

Teknik umpan pendek                  

Umpan pendek atau short pass adalah jenis umpan yang diberikan kepada rekan setim yang posisinya tidak terlalu jauh. Tendangan untuk umpan pendek adalah tendangan mendatar.

Untuk melakukan operan pendek, pastikan bahwa ada jarak antara posisi kita berdiri dengan bola.

Selain itu, pastikan juga posisi badan kita berada di belakang bola sehingga kita akan lebih memiliki power atau kekuatan saat melakukan umpan.

Untuk dapat mengarahkan bola saat melakukan operan pendek yang baik, maka kita harus memiliki keseimbangan badan. Posisikan kaki yang menjadi tumpuan sejajar dengan bola dengan ujung kaki mengarah ke arah yang dituju.

Keunggulan umpan pendek

Keunggulan utama melakukan umpan pendek dalam permainan sepak bola adalah sebuah tim bisa menjaga penguasaan bola.

Selain itu, umpan pendek juga efektif dilakukan ketika tim lawan melakukan tekanan. Ketika tim lawan sedang menekan, umpan pendek adalah cara yang baik untuk menjaga bola agar tidak sampai direbut pemain lawan. (Uli)