UMKM Depok Cireng Asal Pontir Serap Puluhan Tenaga Kerja

FOTO: depok.go.id/indolinear.com
Kamis, 28 Maret 2019
Depok | Uploader puspita

Indolinear.com, Depok – Lewat tepung kanji atau aci yang diolah menjadi cireng, warga Kelurahan Pondok Petir (Pontir), Kecamatan Bojongsari, Neneng Sahidah, sukses menyerap sebanyak 98 tenaga kerja. Merintis dari nol, saat ini produknya sudah diproduksi hingga 7000 bungkus setiap hari.

“Alhamdulillah, kami sudah serap tenaga kerja dari warga sekitar sini. Semoga usaha ini bisa turut bantu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menekan angka pengangguran. Selain juga memberi penghasilan pada ibu rumah tangga yang membantu membuat cireng kami,” tuturnya dilansir dari depok.go.id.

Dikatakannya, kini produk cirengnya sudah dipasarkan hingga ke luar negeri. Pasalnya, produk cireng bernama Brecxelle ini gurihnya bisa dinikmati hingga Singapura.

“Produk saya yang dibawa ke luar negeri hingga ke Singapura. Yang paling banyak ke wilayah sekitar Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur,” katanya.

Menurut Neneng, keberhasilan produknya tidak diraih dengan cara instan. Melalui usaha dan sejumlah pelatihan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menjadikan produknya semakin diterima oleh masyarakat.

Sementara itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris sangat mendukung keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Depok. Terlebih bagi UMKM yang telah ikut membantu pemerintah mengurangi pengangguran di daerah.

“Usaha ini sangat amat berkah, di samping menaikkan ekonomi keluarga, juga mampu menyerap banyak tenaga kerja,” pungkasnya.(pit)