Ultra Maraton Dari Jakarta Ke Kampus ITB Bandung Lewat Puncak

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Minggu, 6 Oktober 2019

Indolinear.com, Jakarta – Ajang lomba lari maraton bertajuk BNI – ITB Ultra Marathon akan kembali diselenggarakan. Tahun ini memasuki penyelenggaraan ketiga.

Ajang BNI – ITB Ultra Marathon 2019 akan diselenggarakan pada 11-13 Oktober mendatang. Jarak yang ditempuh lebih panjang dari edisi sebelumnya.

Pada edisi tahun ini, BNI – ITB Ultra Marathon akan menempuh jarak 200 kilometer. Start maraton dari Grha BNI Jakarta menuju Kampus ITB Bandung via Puncak, Kabupaten Bogor.

Sebelumnya, pada tahun 2017 dan 2018, BNI – ITB Ultra Marathon hanya menempuh jarak 170 kilometer. Dari jumlah peserta pun, edisi tahun 2019 mengalami peningkatan 3 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, yakni dari sekitar 6.000 orang.

“Hal ini menunjukkan minat masyarakat terhadap ajang ultra marathon yang semakin meningkat. BNI sebagai sponsor akan terus mendukung kegiatan ini,” ujar Adi Sulistyowati selaku Direktur Hubungan Lembaga dan Transaksional Banking BNI, dilansir dari Kompas.com (05/10/2019).

Selama lomba berlangsung, peserta BNI – ITB Ultra Marathon akan mendapatkan perlindungan jiwa kepada peserta dengan uang pertanggungan sebesar Rp 20 Juta. Adanya perlindungan jiwa memberikan rasa aman dan nyaman bagi para peserta selama mengikuti kegiatan.

BNI – ITB Ultra Marathon sendiri juga merupakan cara bersilaturahmi para alumni ITB yang melibatkan berbagai angkatan, jurusan, unit kegiatan, dosen, staf, dan mahasiswa.

“Kegiatan ini membantu subsidi dana pendidikan yang harus disediakan oleh ITB, karena hanya sekitar 30 persen mahasiswa yang mampu membayar penuh biaya pendidikan mereka,” ucap Ketua Yayasan Solidarity Forever (YSF), Susilo Siswoutomo, sebagai penyelenggara kegiatan ini.

“Kegiatan ini berhasil mengumpulkan dana sampai dengan saat ini lebih dari Rp 2 Miliar yang akan diserahkan langsung kepada pihak ITB.”

Hadiah 2 (dua) paket umrah untuk juara pertama individu putra dan putri Ultra Marathon 200K. Selain itu, BNI ITB Ultra Marathon 200 Kilometer juga menjadi ajang penyambutan ulang tahun ITB yang ke-100 tahun atau satu abad pada 2020 nanti.

Ultra Marthon 2019 memiliki 4 kategori kegiatan yaitu lomba (berhadiah), festival, dan Fun Run. Kategori lomba dibuka untuk ultra marathon yang berlari dengan jarak di atas 42 kilometer. Adapun kategori festival merupakan non-ultra marathon, yaitu pelari relay 9 dan relay 18.

Sementara itu, untuk Fun Run merupakan lari dengan jarak tempuh 5 kilometer dan diadakan untuk menyambut kedatangan pelari ultra maraton Jakarta-Bandung.

Berikut ini kategori lomba pada BNI – ITB Marathon 2019:

  1. Solo 200 K Putra dan Putri
  2. Relay 2x 100 K Putra dan Putri

3.Relay 4 x 50 k Putra dan Putri

Kategori festival:

  1. Relay 9 x 23 K
  2. Relay 18 x 12 K (Uli)