Turis Didenda Rp17 Juta Karena Membawa Pulang Pasir Pantai Di Italia

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Rabu, 9 September 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Italia – Seorang turis Prancis diperintahkan membayar denda sebesar Rp 17,7 juta setelah ditemukan membawa sekitar 1,9 kilogram pasir pantai Sardinia, Italia di kopernya.

Pasir putih di pulau Italia itu dilindungi, dan wisatawan akan didenda dan bahkan dipenjara karena membawa pasir dari pantai-pantai di pulau itu.

Turis yang tak diketahui namanya itu ditangkap di Bandara Cagliari Elmas pada 1 September setelah ditemukan membawa botol berisi 1,9 kilogram pasir.

“Botol itu disita dan saat ini berada dalam ruang operasional kami di mana kami menyimpan barang-barang yang disita. Pada akhir tahun kami biasanya mengumpulkan banyak botol pasir,” jelas juru bicara Penjaga Hutan Pulau Sardinia, dikutip dari Merdeka.com (08/09/2020).

Pada 2017, sebuah UU regional disahkan yang mengatur bahwa mengambil pasir dari pantai-pantai di Sardinia adalah perbuatan ilegal.

Juru bicara ini mengatakan, denda yang diterapkan mulai dari sekitar Rp 8,8 juta sampai Rp 52 juta lebih, tergantung berat pasir yang diambil dan di mana turis mengambilnya.

Dia mengatakan, regulasi itu disahkan karena insiden pengambilan pasir kerap terjadi dan malah meningkat. Pantai-pantai dengan pasir berwarna putih dan pink kerap jadi sasaran.

“Tahun lalu kami menemukan sebuah situs web yang menjual pasir kami sebagai suvenir. Itu jadi fenomena yang sangat dikenal di sini di Eropa,” ujarnya.

Pengawasan dalam tiga tahun terakhir sangat ditingkatkan dan diperketat. Sanksi yang diberlakukan juga cukup serius.

“Kami bekerja sama dengan polisi dan mereka memperingatkan kami,” kata dia.

Anggota masyarakat juga menghubungi pihak berwenang jika mereka melihat turis mencuri pasir.

Tahun lalu, polisi menyita sekitar 39 kilogram pasir dari pasangan turis Prancis yang berkunjung ke pulau tersebut. Seorang penduduk Inggris juga didenda sekitar Rp 14 juta lebih pada 2018, ketika pihak berwenang menemukan pasir yang diambil dari pantai dekat kota Olbia di wilayah utara. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: