Tuk Umbul Ngaropoh, Mata Air Dari Celah Batu Yang Diburu

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 4 Oktober 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Dari celah bongkahan batuan besar, sebuah mata air muncul di Desa Ngaropoh. Mata Air bak pancuran, airnya tak pernah surut. Setiap harinya, antrean panjang mengular menunggu giliran mengambil mata air yang segar ini.

Mata Air Tuk Umbul namanya, sebuah mata air yang terletak di Desa Ngaropoh, Ngropoh, Umbulsari, Windusari, Magelang, Jawa Tengah. Mata air ini muncul dari celah batuan. Lantas dari celah tersebut, ditanamkan beberapa bambu yang sudah diberi lubang. Sehingga air menekan dari bawah ke atas.

Menyembur ke atas, tanpa tersentuh tanah. Mata air ini dipercaya berkhasiat untuk kesehatan. Konon, katanya Mata Air Tuk Umbul bisa menyembuhkan berbagai penyakit, dilansir dari Merdeka.com (03/10/2021).

Dari bawah pohon beringin yang rimbun, air mengalir dari bilah bambu coklat. Suara gemriciknya terdengar jelas. Dari atas hingga turun ke bawah, setiap tetes Tuk Umbul seolah berharga.Entah sudah berapa liter mata air yang diambil warga.

Meski tidak tahu pasti kapan mata air Tuk Umbul muncul, namun mata air ini tak pernah surut. Bahkan saat musim kemarau, mata air ini terus mengalir seolah tak pernah habis. Jernih dan kesegaran Tuk Umbul selalu dinanti setiap pengunjungnya.

Bagi penduduk sekitar, mata air Tuk Umbul bisa langsung diteguk di tempat. Ya, banyak warga yang langsung mengonsumsi mata air di Tuk Umbul tanpa memasaknya terlebih dahulu. Diketahui, rasa air Tuk Umbul sangat segar dan tak kalah dengan air mineral dalam kemasan.

Tidak perlu khawatir, Tuk Umbul ini airnya sudah teruji aman. Hal ini juga tercantum di papan informasi yang ada di sekitar Tuk Umbul. Dilansir dari berbagai sumber, mata air Tuk Umbul sering dijadikan objek PKM-Penelitian.

Bahkan, mata air ini sudah mendapat surat penelitian dari instansi pemerintahan tentang kandungan yang terdapat pada air tersebut. Hasilnya teruji, mata air ini terbukti aman untuk dikonsumsi.

Sejak pagi hingga menjelang malam hari, Tuk Umbul tak pernah sepi pengunjung. Banyak warga sekitar yang mengambil air di sini. Mereka bahkan sengaja membawa galon untuk mengisi air di sini. Warga sekitar sengaja membuat batuan bulat di dekat mata air ini sebagai tempat meletakkan wadah.

Tidak hanya, warga sekitar Tuk Umbul saja, warga luar kota rela berkunjung ke Tuk Umbul untuk mencoba kesegaran air mata ini. Banyak dari mereka yang percaya kualitas air Tuk Umbul memiliki khasiat kesehatan yakni bisa menyembuhkan beragam penyakit. (Uli)