Tujuh Tips Merawat Alat Makeup Agar Tidak Cepat Rusak

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Minggu, 26 September 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Merias wajah menjadi rutinitas yang nggak bisa ditinggalkan sebagian besar wanita. Primer, foundation, concealer, blush, eyeshadow, lipstik, setidaknya tersedia di dalam laci atau dtas meja rias Sahabat Dream.

Memiliki banyak beauty item tentu tak bisa hanya didiamkan begitu saja di atas meja rias. Kamu perlu menata alat makeup sebaik mungkin agar tidak cepat rusak.

Jika alat makeup ditata rapi di meja rias atau laci, akan terasa rapi dan apik dilihat. Kamu pun dengan mudah mencari beauty item yang akan digunakan. Nggak mau kan, makeup yang baru dibeli beberapa bulan lalu rusak akibat tidak dirawat dan dirapikan?

Buat kamu yang masih bingung merapikan alat makeup mau mulai dari mana, berikut ada trik yang bisa kamu ikuti. Apa saja ya? Dilansir dari Dream.co.id (24/09/2021).

  1. Simpan di laci

Menyimpan di laci menjaga agar alat makeup tidak terkena sinar matahari secara langsung, lebih tertata dan mudah untuk diambil.

Selain itu, meja juga kan tetap terlihat lebih rapi dan kamu tidak akan tanpa sengaja menjatuhkan makeup dan melihatnya hancur. Untuk menghindari hal tersebut bisa memilih laci yang minimalis agar tetap terlihat modern.

  1. Bersihkan dan kelompokkan

Tidak ada gunanya menyimpan makeup yang sudah kedaluwarsa, jadi mulailah memilahnya menjadi dua kelompok; yang masih bisa disimpan dan harus dibuang.

Makeup yang jarang kamu gunakan dan yang tidak ingat kapan terakhir dipakai sebaiknya dimasukkan ke kelompok dibuang. Untuk produk yang sudah kosong bisa di-recycle sembari membantu bumi dengan mengurangi limbah kecantikan.

Untuk kelompok makeup yang masih disimpan kamu bisa mengategorikannya lagi. Misal dari produk mata, wajah, bibir dan seterusnya. Banyak cara pengelompokkan, hal ini yang paling mudah untuk memulai.

  1. Menghemat tempat dengan wadah yang bisa disusun

Setiap makeup harus mempunyai tempat sendiri, mungkin kamu akan memakai rak atau kotak susun yang muat untuk semuanya. Jadi hal lebih kalau kalau mendapat kontainer makeup bening yang membuat alat makeup lebih mudah dilihat.

Kamu bisa menemukan kontainer plastik bening di toko peralatan rumah tangga atau toko kecantikan. Kalau suka dengan tampilan kayu, bisa memberikan label dan sekat untuk mengetahui kategori makeup.

Laci akrilik akan menjadi pilihan yang pas karena tersedia berbagai ukuran dari yang kecil untuk koleksi lipstik sampai yang besar untuk foundation, setting spray atau eyeshadow palette.

  1. Pisahkan yang sering kamu gunakan

Tata produk yang sering digunakan. Kalau kamu jarang menggunakan eyeshadow setiap harinya, jangan letakkan di laci paling atas.

Letakkan makeup yang sering dipakai setiap harinya di kotak khusus berlabel ‘makeup setiap hari’. Dengan cara ini foundation, concealer, maskara atau perintilan lainnya akan lebih mudah diambil. Lakukan yang sama di brush makeup, ya.

  1. Taruh di tempat yang mudah terlihat

Kamu sering kelimpungan untuk mencari shade lipstik? Nah, triknya dengan menaruh terbalik jadi bisa melihat warna lipstik yang mau dipakai.

Trik ini juga berlaku untuk bedak, eyeshadow dan lainnya. Produk kecantikan jangan ditumpuk agar tidak sulit mencari shade yang diinginkan.

  1. Susun brush makeup

Cara terbaik menyusun brush yaitu dengan mengkelompokkannya. Brush makeup bisa dipilah menjadi 2 kategori: wajah dan mata.

Hal ini dipisah agar brush untuk mata tidak tercampur dengan brush yang besar untuk bedak. Jika ingin brush tahan lama, pastikan kamu menaruhnya di toples posisi berdiri dengan ujung yang berbulu di atas atau tempat khusus brush.

  1. Sering dibersihkan

Setiap enam bulan sekali, buang makeup yang jarang dipakai dan kadaluarsa. Jangan lupa untuk rapikan produk yang tidak sesuai tempatnya agar tetap rapi setidaknya sebulan sekali. (Uli)