Tujuh Tanda-Tanda Awal Kehamilan yang Kerap Terlewat Kamu Sadari

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 2 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Masa-masa awal kehamilan merupakan saat yang membahagiakan bagi pasangan suami-istri. Walau begitu, tak semua pasangan bisa langsung mengetahui ketika mereka tengah mengandung.

Untuk mengetahui kehamilan seseorang, cara termudah adalah dengan menggunakan alat tes kehamilan. Walau begitu, sebelum menggunakannya kita perlu mengetahui sejumlah gejala yang mungkin muncul lebih dahulu.

Terdapat sejumlah tanda dari kehamilan biasa diketahui seseorang seperti perut yang membesar. Namun ada juga tanda lain yang biasanya tidak langsung kamu kenali sebagai kehamilan.

Sejumlah tanda-tanda kehamilan ini biasanya jarang kamu kenali sehingga kamu tak mengiranya. Dilansir dari Merdeka.com (28/02/2021), berikut sejumlah tanda-tanda yang biasanya muncul ketika seseorang tengah hamil.

Sering Buang Angin

Pada trimester pertama kehamilan, perutmu biasanya bakal dipenuhi dengan gas karena tingginya progesteron dalam tubuh. Perubahan yang terjadi pada pencernaan ini meningkatkan jumlah gas dan berujung pada kembung dan sendawa yang kamu alami.

Sering Buang Air Kecil

Salah satu tanda paling awal dari kehamilan bahkan sebelum kamu sadar bahwa tidak menstruasi adalah meningkatnya urine. Lebih sering buang air kecil ini disebabkan karena perubahan hormon yang mengubah bagaimana cairan diproses oleh ginjal.

Rasa Logam di Dalam Mulut

Banyak wanita mengalami kondisi bernama dysgeusia yang menimbulkan rasa logam atau asam pada trimester pertama kehamilan. Hal ini disebabkan meningkatnya oestrogen di dalam tubuh.

Meningkatnya Jumlah Air Liur

Tanda awal kehamilan ini biasanya dialami oleh wanita yang mengalami morning sickness dan mual selama kehamilan. Hal ini biasanya bakal mulai berkurang pada trimester kedua kehamilan. Meningkatnya air liur ini disebabkan mekanisme tubuh untuk melawan keadaan dan membantu pencernaan menjadi lebih lancar saat kehamilan.

Hidung Mampat

Penyumbatan di hidung merupakan hal yang banyak dialami oleh wanita ketika hamil. Hal ini disebabkan karena meningkatnya produksi lendir selama kehamilan sehingga membran hidung mengalami iritasi dan menjadi bengkak.

Muncul Rasa Gatal

Rasa gatal ini biasa muncul pada saat kehamilan terutama pada bagian perut dan payudara. Hal ini terjadi karena kuring meregang selama kehamilan serta terjadinya perubahan hormonal berupa meningkatnya oestrogen.

Mual Sepanjang Hari

Banyak wanita yang mengalami rasa mual ini sepanjang hari dan tidak hanya sebatas di pagi hari saja. Hal ini biasanya bisa dialami tak hanya pada trimester pertama kehamilan saja bahkan pada trimester kedua dan ketiga.

Sejumlah perubahan kondisi seperti ini biasanya dialami oleh wanita pada masa-masa awal kehamilan. Ketika sejumlah tanda tersebut sudah sangat mengganggu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencari penyelesaiannya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: