Tujuh Manfaat Positif Masturbasi Dalam Kehidupan Seksual Pria

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 8 Juli 2019

Indolinear.com, Jakarta – Hingga kini, kegiatan masturbasi masih tabu untuk dibicarakan secara terbuka karena dianggap sebagai sesuatu yang buruk.

Padahal, banyak pakar kesehatan menyebutkan bahwa masturbasi memiliki beberapa manfaat tidak terduga yang baik bagi tubuh.

Seperti dikutip dari Liputan6.com (07/07/2019), hasil penelitian Asosiasi Profesor Obstetri dan Ginekologi di Northwestern University, Amerika Serikat (AS), menyatakan bahwa masturbasi mampu mengatasi gejala insomnia, mengurangi tingkat stres, dan memberikan perasaan nyaman terhadap diri sendiri.

Namun lebih dari itu, masturbasi juga mampu memberikan beberapa manfaat positif lainnya, baik yang berdampak pada kesehatan fisik maupun jiwa.

Apa saja manfaat positif tersebut? Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Memicu rasa bahagia

Serupa dengan kegiatan bercinta, aktivitas masturbasi bertujuan untuk meraih orgasme.

Di titik puncak kenikmatan syahwat inilah tubuh memproduksi hormon endorfin dopamin dan oksigen yang lebih baik, sehingga meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

  1. Nyaman dengan tubuh sendiri

Melalui masturbasi, Anda dapat mengenal lebih jauh tubuh Anda sendiri, khususnya mengenai upaya menemukan titik-titik kenikmatan seksual.

Hal ini akan membuat Anda percaya diri dan tahu bagaimana memosisikan diri dalam berhubungan intim dengan pasangan.

“Terkadang, masturbasi dapat mendorong seseorang tahu apa yang sebenarnya dibutuhkannya dalam kehidupan seksual, selain beberapa di antaranya tidak lebih sebagai observasi dalam mencari kepuasan,” jelas salah satu peneliti.

  1. Meningkatkan gairah seks

Ini sudah menjadi rahasia umum, terkait dengan poin sebelumnya di atas. Ketika Anda mampu mengontrol diri dengan baik ketika bermasturbasi, maka kemungkinan besar Anda juga akan lebih percaya diri dan terkontrol aktivitas bercintanya.

Selain itu, kebiasaan masturbasi juga mampu membawa Anda lebih komunikatif dalam mencoba beragam gaya bercinta demi kepuasaan maksimal.

  1. Mengatasi ketegangan seksual

Sebagai manusia, adalah hal wajar memiliki nafsu ingin bercinta. Namun jika tidak dikontrol dengan baik, maka akan berisiko buruk bagi Anda dan pasangan.

Masturbasi menjadi cara terbaik untuk melepaskan libido, sekaligus menjadi sarana pembelajaran untuk mengontrol ritme bercinta.

Menurut penelitian tersebut, jika Anda berhasil menemukan ritme yang nyaman saat masturbasi, maka secara tidak langsung Anda akan terbawa pada kegiatan bercinta yang sebenarnya.

  1. Buat tidur lebih nyenyak

Berkaitan dengan poin sebelumnya, ketika ketegangan seksual berhasil diatasi, maka berimbas pada kondisi tubuh yang rileks. Hal ini mendorong tubuh untuk mengistirahatkan fungsi-fungsi aktifnya.

Ini sama artinya dengan mendorong terciptanya kondisi tidur yang lebih nyenyak.

“Jika tidur terasa nyenyak, maka kemudian akan berdampak positif pula pada kesehatan tubuh,” tulis penelitian itu.

  1. Orgasme ganda

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pria menginginkan pengalaman seksual lebih. Namun sayangnya kerap kali wanita hanya menginginkan satu kali orgasme dalam bercinta.

Masturbasi adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasinya, di mana Anda dapat menentukan sendiri berapa kali orgasme yang ingin diraih.

  1. Mengurangi tingkat stres

Stimulasi diri dengan masturbasi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres. Orgasme serta perasaan rileks yang didapat setelahnya adalah dua faktor utama yang mampu mengurangi tingkat kegelisahan dan lelah.

Namun, jika masturbasi terlalu sering dilakukan, justru akan menimbulkan beberapa risiko kesehatan, mulai dari luka, hingga penurunan kualitas kesuburan.

“Sebaiknya, masturbasi dilakukan tidak lebih dari tiga kali seminggu, dan disarankan tidak (melakukannya) dengan cara ekstrem demi mengejar fantasi seksual,” jelas Adam Shiffelds, salah seorang peneliti terkait. (Uli)