Tujuh Manfaat Pisang Kepok Rebus Bagi Kesehatan Tubuh

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 23 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ada begitu banyak manfaat pisang kepok yang terkadang masih jarang diketahui. Pisang kepok sendiri sering kali diolah dengan cara direbus maupun dikukus. Seperti lainnya, pisang kepok juga memiliki nutrisi dan gizi yang cukup tinggi. Mulai dari karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, asam amino, kalsium, antasida dan zat besi.

Menariknya, pisang kepok juga dikenal rendah akan kandungan gulanya. Sehingga cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Tak hanya itu saja, pisang kepok juga rendah akan lemak serta kaya potassium. Untuk itu, salah satu jenis pisang ini cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan balita. Belum berhenti di situ, masih ada banyak lagi manfaat pisang kepok rebus.

Penasaran dengan manfaat pisang kepok rebus? Melansir dari Merdeka.com (21/11/2020), simak ulasan informasinya berikut ini.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat pisang kepok rebus yang pertama adalah mampu membantu melancarkan sistem pencernaan. Dikatakan sebelumnya, pisang kepok memiliki kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan inilah yang membuat pisang kepok mampu membantu melancarkan pencernaan.

Serat dikenal sangat efektif dalam membantu kinerja dan aktivitas sistem pencernaan. Selain itu, kandungan karbohidrat yang ada di dalam pisang kepok juga mampu mempertahankan gerak usus agar tetap teratur. Sehingga pisang kepok juga dapat membantu kalian dalam melancarkan buang air besar.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat pisang kepok rebus yang kedua yakni mampu membantu menurunkan berat badan. Tahukah kalian, pisang kepok mengandung sejumlah nutrisi penting yang cukup tinggi. Salah satunya yakni vitamin B6. Vitamin yang ada di dalam buah pisang inilah yang akan membantu kalian dalam sistem pencernaan atau metabolisme.

Tak hanya itu, pisang kepok juga dikenal memiliki kadar lemak yang cukup rendah. Sehingga pisang kepok sangat cocok dikonsumsi bagi orang-orang yang tengah menjalani diet. Menariknya, karbohidrat dalam buah pisang kepok juga bisa membuat perut menjadi kenyang lebih lama.

Mengontrol Tekanan & Gula Darah

Manfaat pisang kepok rebus yang ketiga yaitu membantu mengontrol tekanan serta gula darah. Salah satu jenis pisang ini rupanya memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi namun rendah akan sodium. Kombinasi inilah yang membuat pisang kepok sangat baik untuk menormalkan dan mengontrol tekanan darah. Maka dari itu, dengan mengonsumsinya kalian bisa terhindar dari risiko hipertensi dengan lebih mudah.

Pisang kepok juga rendah akan kandungan gula di dalamnya. Sehingga pisang kepok sangat cocok dikonsumsi bagi para penderita diabetes. Selain itu, kandungan karbohidrat dalam pisang kepok juga membuat perut kalian kenyang lebih lama. Kebiasaan konsumsi nasi yang mengandung tinggi akan gula nantinya bisa dikurangi.

Menguatkan Tulang

Membantu menguatkan tulang menjadi salah satu manfaat pisang kepok rebus. Hal ini lantaran kandungan prebiotik yang ada di dalam buah pisang kepok rebus. Prebiotik tersebut dinamakan fructooligosaccharide.

Kandungan inilah yang membantu tulang kalian menyerap kalsium lebih baik. Ya, kalsium tidak ditemukan dalam buah pisang kepok rebus. Prebiotik lah yang nantinya membantu tulang bisa lebih mudah menyerap kalsium. Sehingga nantinya pisang kepok rebus bisa menguatkan tulang dengan sangat baik.

Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat pisang kepok rebus selanjutnya adalah membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Ini karena pisang kepok rebus memiliki kandungan potasium yang sangat tinggi. Bahkan diketahui kadar potasium dalam pisang kepok lebih tinggi dibanding dengan sumber makanan lainnya.

Maka dari itu bagi kalian yang kekurangan potasium, dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang kepok. Tahukah kalian, potasium sangat baik dalam membantu proses produksi sel darah putih pada kelenjar getah bening. Tak hanya itu, potasium juga akan membantu proses metabolisme dalam tubuh kalian.

Mencegah Anemia

Manfaat pisang kepok rebus berikutnya yakni membantu mencegah anemia. Terutama bagi para ibu hamil. Sudah menjadi rahasia umum, ibu hamil lebih sering mengalami anemia atau kekurangan darah. Sebab, ibu hamil sangat membutuhkan banyak darah untuk pembentukan organ janin.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi pisang kepok rebus. Hal ini karena pisang kepok rebus memiliki kandungan zat besi di dalamnya. Zat besi inilah yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin dan juga mampu mencegah terjadinya anemia.

Menyehatkan Mata

Manfaat pisang kepok rebus lainnya adalah mampu membantu menyehatkan mata. Hal ini lantaran pisang kepok memiliki kandungan karoten yang cukup tinggi. Tahukah kalian, karoten merupakan pro vitamin A yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A oleh organ hati.

Sudah menjadi rahasia umum, vitamin A mampu membantu menyehatkan mata. Sebab, vitamin A memiliki peranan penting yang sangat dibutuhkan oleh sel serta jaringan sekitar mata. Untuk itu vitamin A sangat baik untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan juga mencegah perkembangan sel-sel abnormal. Selain itu juga, pisang kepok rebus mampu menjaga kesehatan mata tetap baik. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: