Tujuh Manfaat Kesehatan Yang Bisa Diperoleh Dari Tanaman Hias

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 18 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Berkebun dan mengoleksi tanaman hias merupakan salah satu hobi yang banyak dilakukan orang pada saat ini. Hal ini menjadikan banyak jenis tanaman menjadi naik daun saat ini.

Meningkatnya hobi menanam ini salah satunya juga disebabkan karena tren di sosial media. Walau begitu, sebenarnya hobi ini tidak benar-benar baru untuk dilakukan.

Bertanam di rumah sendiri sebenarnya sudah sejak lama dilakukan oleh banyak orang. Meningkatnya tren ini sekaligus bisa memberi dampak positif tanpa kita sadari.

Terdapat sejumlah dampak positif yang bisa diperoleh dari memlihara tanaman di dalam rumah ini. Dilansir dari Merdeka.com (16/02/2021), berikut sejumlah dampak positif dari bertanam.

  1. Bisa Menurunkan Tingkat Stres

Penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Physiological Anthropology menemukan bahwa tanaman di rumah atau kantor bisa menurunkan tingkat stres. Hal ini bisa membuatmu merasa nyaman, tenang, serta alami.

Berdasar percobaan yang dilakukan, diketahui bahwa menanam di dalam rumah bisa menurunkan stres pada partisipan penelitian. Sementara itu, ketika partisipan penelitian diminta mengerjakan tugas di komputer, detak jantung dan tekanan darah meningkat tajam. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah bahwa bercocok tanam bisa menurunkan stres psikologis dan fisiologis.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Sebuah penelitian mencoba melihat dampak antara tanaman asli dan tanaman plastik terhadap konsentrasi seseorang. Berdasar percobaan yang dilakukan pada 23 partisipan penelitian, diketahui dampak tanaman ini terhadap konsenstrasi.

Penelitian mengungkap bahwa siswa yang belajar dekat tanaman asli bisa lebih memusatkan perhatian. Selain itu, mereka juga lebih mampu berkonsentrasi dengan baik ketika belajar.

  1. Membantu Terapi Masalah Mental

Keberadaan tanaman di dalam rumah, diketahui juga dapat berdampak positif bagi mereka yang memiliki masalah mental. Berdasar penelitian, tanaman ini bahkan juga digunakan sebagai salah satu bentuk terapi.

Diketahui bahwa terapi bisa meningkatkan perasaan senang pada mereka yang mengalami depresi, kecemasan, demensia, serta kondisi lain. Oleh karena itu, penggunaan tanaman ini disarankan bagi mereka yang mengalami masalah mental tersebut.

  1. Mempercepat Pemulihan

Tinggal di sekitar tanaman atau bunga bisa membantu mempercepat pemulihan seseorang. Hal ini bisa terjadi baik dalam pemulihan dari sakit, cedera, maupun operasi.

Penelitian pada tahun 2002 menyebut bahwa seseorang yang baru saja dioperasi, bisa pulih lebih cepat ketika terdapat tanaman hijau di kamarnya. Hal ini dilakukan dengan membandingkan masa pemulihan antara seseorang yang memiliki tanaman di kamar dan mereka yang tidak.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Sejumlah penelitian mengungkap bahwa tanaman di tempat kerja bisa meningkatkan baik produktivitas dan kreativitas. Penelitian pada tahun 1996 mengungkap bahwa mereka yang bekerja di dalam laboratorium komputer bekerja 12 lebih cepat serta memiliki tingkat stres lebih rendah.

Penelitian pada tahun 2004 juga mengungkap bahwa seseorang bisa bekerja lebih cepat dan kreatif ketika dekat dengan tanaman. Selain itu, penelitian pada tahun 2007 menemukan bahwa adanya tanaman membuat seseorang jarang sakit sehingga lebih produktif saat bekerja.

  1. Meningkatkan Kepuasan Kerja

Kepuasan kerja rupanya bisa ditingkatkan dengan cara sangat mudah seperti meletakkan tanaman di dekat meja kerja. Hal ini bisa sangat mudah dan murah untuk ditempatkan.

Diketahui bahwa kondisi alami di dekat tempat kerja bisa membantu meningkatkan kepuasan dalam bekerja. Dampak ini sangat luar biasa jika dibandingkan dengan mereka yang tidak berada dekat lingkungan alami atau setidaknya pot tanaman.

  1. Meningkatkan Kualitas Udara dalam Ruangan

Peningkatan kualitas udara di dalam ruangan bisa dimulai dengan meletakkan tanaman. Dampak ini tentu bakal semakin luar biasa dengan semakin banyaknya tanaman yang ada di dalam rumah.

Dampak ini terutama bisa diperoleh dari sejumlah tanaman tertentu. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menanam tanaman di dalam rumah ini. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: