Tujuh Kalimat yang Sering Diucapkan Oleh Pasangan Bahagia

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Minggu, 10 Maret 2019

Indolinear.com, Jakarta – Pasangan bahagia rupanya cenderung mengucapkan kalimat-kalimat positif tertentu ke istri atau suami.

“Pasangan yang sudah menjalani hubungan jangka panjang memiliki cara komunikasi yang berbeda dibandingkan yang baru menjalin hubungan,” kata terapis keluarga Katie Ziskind.

Biasanya, pasangan yang bahagia cenderung tidak terlalu reaktif dan malah reflektif ketika ada sesuatu. Misalnya, salah satu terpancing marah, maka pasangan akan tahu kapan harus berbicara atau bereaksi terhadap hal itu. Nah, berikut beberapa kalimat yang kerap dilontarkan pada pasangan bahagia seperti dikutip dari Liputan6.com (09/03/2019).

  1. “Kamu membuatku selalu tertawa”

“Pasangan yang sering tertawa bersama biasanya memiliki hubungan yang bahagia karena sama-sama bisa satu frekuensi mentertawakan sebuah hal atau bisa menikmati suatu hal bersama,” kata pakar hubungan Mackenzie Riel.

  1. “Kamu memang yang terbaik”

Riset 40 tahun yang dilakukan oleh John Gottman menunjukkan pasangan bahagia itu terlibat dalam sikap sehari-hari yang positif. Pasangan seperti ini biasanya memiliki budaya yang saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

“Biasanya, mereka mengidolai pasangannya, karena pasangan selalu mengerti dan memahaminya. Mengkomunikasi hal-hal besar dan kecil,” kata pakar hubungan Anna Nelson.

  1. “Kamu ingin cerita apa”

Merasa dihargai, dipahami, didengar dan diperhatikan adalah salah satu kunci hubungan yang bahagia. “Memberi perhatian dan peduli pada pasangan membuah hubungan jadi makin sehat,” kata Riel.

  1. “Terima kasih ya”

“Pasangan bahagia tak perlu sungkan untuk mengucapkan terima kasih termasuk untuk hal-hal kecil,” kata konselor hubungan berlisensi Rachel Ann Dine.

  1. “Kamu begitu berharga untukku”

Memberi tahu pasangan bahwa dirinya begitu berarti dalam hidup Anda itu sangat penting. Dalam studi di 2012 dalam Interpersonal Relations and Group Processes, disebutkan bahwa pasangan yang sering mengapresiasi kehadiran suami atau istri cenderung memiliki hubungan kuat dan lama.

  1. “Aku membutuhkamu”

Psikoterapis Fran Walfish mengatakan banyak orang bahagia ketika merasa dirinya dibutuhkan istri atau suaminya. Ketika pasangan merasa didukung, membuah hubungan cenderung memuaskan dan jauh dari stres.

  1. “Aku sayang kamu”

Entah sudah menikah tiga, lima atau 10 tahun ke atas, mengucapkan ‘Aku sayang kamu’ tetap penting.

“Sesederhana mengatakan, ‘Aku sayang kamu,’ merupakan sebuah pengingat bahwa ada rasa kekaguman satu sama lain,” kata Riel. (Uli)