Tujuh Hal Yang Tanpa Disadari Membuat Kamu Menjadi Sulit Tidur

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 20 Januari 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Tidur merupakan hal sehari-hari yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidur merupakan cara yang dilakukan dan dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat berfungsi secara tepat.

Ketika tubuh sudah lelah karena aktivitas seharian, tidur merupakan hal yang bisa jadi sangat kita idamkan. Namun pada kondisi tertentu, bisa saja kita mengalami kesulitan untuk tertidur.

Bisa jadi wakau kamu sudah sangat lelah dan ngantuk, namun tetap mengalami kesulitan untuk tertidur. Kurangnya tidur ini kemudian bisa jadi penyebab munculnya sejumlah masalah kesehatan.

Kurangnya tidur bisa berdampak secara negatif terhadap kesehatan mental dan fisik. Seseorang yang rutin tidak tidur pada malam hari cenderung lebih rentan kelebihan berat badan, memiliki sistem kekebalan tubuh yang melemah, mengalami masalah mood, serta memiliki penyakit kardiovaskular.

Terdapat sejumlah faktor yang kadang tanpa kamu sadari bisa berdampak langsung pada kesulitanmu untuk tidur. Dilansir dari Merdeka.com (18/01/2020), berikut sejumlah hal yang bisa membuatmu sulit untuk tertidur.

Kopi

Banyak orang yang mengonsumsi kopi pada sore hari atau bahkan setelah makan malam. Kopi sendiri merupakan stimulan yang bisa membuatmu sulit beristirahat, kram perut, sering buang air kecil, dan meningkatkan detak jantung. Hal ini selanjutnya bisa berdampak pada kamu yang mengalami kesulitan untuk tertidur, terang Michael Breus, psikolog klinis dari American Academy of Sleep Medicine.

Alkohol

Banyak orang masih menganggap bahwa konsumsi alkohol di malam hari bisa membantumu jatuh tertidur lebih cepat. Walau begitu, yang terjadi ternyata sebaliknya. Walau pada hal tertentu bisa membuatmu tidur lebih cepat namun kemudian kamu bisa terbangun dan mengalami gangguan di tidurmu.

Menggunakan Gawai

Menggunakan ponsel atau gawai sebelum tidur bisa menimbulkan terjadinya masalah. Cahaya dari layar bisa membuat otak berpikir bahwa hari masih siang sehingga tidur jadi tertunda.

Temperatur Tubuh

Suhu tubuh yang kamu miliki sebelum dan ketika tidur bisa sangat menentukan apakah kamu bakal mengalami gangguan atau tidak. Breus mengungkap bahwa suhu tubuh yang terlalu hangat di malam hari bisa membautmu sulit memulai tidur dan tidur dengan nyaman. Ketika suhu tubuh menurun, kamu bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik atau olahraga harus disesuaikan dengan jam tubuh. Berolahraga dekat dengan waktu tidur bisa membuat kamu kesulitan untuk tertidur.

Konsumsi Makanan Berlemak dan Kalori

Mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori pada saat makan malam bisa membuatmu sulit untuk tidur. Hal ini bisa membuatmu mengalami kesulitan untuk mulai masuk tahap tidur REM baik pada pria maupun wanita.

Pikiran

Adanya pikiran atau hal yang kamu cemaskan juga bisa menjadi penyebab kamu sulit tertidur. Memikirkan pengalaman tidak menyenangkan atau hal yang kamu cemaskan bisa menjadi penyebab kamu sulit untuk cepat tertidur. Kamu disarankan untuk mengosongkan pikiran sebelum tidur, baca buku, atau juga mendengarkan musik untuk melakukannya.

Berbagai hal tersebut bisa menjadi alasan mengapa kamu sulit tertidur di malam hari. Sebaiknya hindari sejumlah hal tersebut agar kamu tidak mengalami lagi masalah ini. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: