Tujuh Cara Alami Hentikan Naiknya Asam Lambung Secara Alami

FOTO: merdeka.com/indolinear,com
Senin, 2 Desember 2019

Indolinear.com, Jakarta – Terdapat sejumlah yang menjadi penghalang bagi kita untuk menikmati makanan dengan nyaman. Salah satu penyebab terjadinya masalah tersebut adalah sakit perut.

Terdapat sejumlah penyakit yang berhubungan dengan perut dan dapat mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Salah satu hal yang menjadi penghalang adalah naiknya asam lambung yang menimbulkan mual.

“Naiknya asam lambung atau mual terjadi ketika asam lambung mengiritasi esofagus,” terang Niket Sonpal, MD, dokter penyakit dalam dan gasentrologis.

“Hal ini terjadi ketika otot di sekitar esofagus bawah tidak menutup secara tepat, sehingga asam lambung naik kembali. Ketika hal ini terjadi, maka hal ini keluar melalui jaringan sensitif melewati esofagus sehingga timbul sensasi panas yang menyakitkan,” sambungnya.

Untuk mengatasi masalah ini, terdapat sejumlah cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengobatinya secara alami. Dilansir dari Merdeka.com (30/11/2019), berikut sejumlah cara untuk hentikan naiknya asam lambung secara alami.

Gunakan Pakaian Longgar

Menggunakan pakaian yang longgar bisa membantu meredakan gejala mual. Menggunakan pakaian yang ketat bisa membuat masalah tersebut menjadi lebih parah.

Makan Oatmeal saat Sarapan

Mengonsumsi oatmeal bisa menjadi cara untuk menenangkan gejalan naiknya asam lambung.

“Kandungan menyerap yang dimilikinya bisa membantu menyerap asam di perut sehingga gejalanya dapat berkurang,” terang Dr. Sonpal.

Konsumsi Jahe

Jahe bisa jadi salah satu bahan makanan yang sangat berkhasiat untuk meredakan masalah perut. Tumbuhan ini memiliki kandungan anti peradangan yang alami dan membantu mengurangi produksi asam lambung, membantu pencernaan, dan menghentikan mual.

Minum Teh Herbal

Sejumlah jenis teh seperti chamomile, papaya, dan licorice mampu meredakan masalah asam lambung. Sejumlah teh ini bisa membantu produksi lendir pada esofagus sehingga bisa mencegah masalah yang timbul dari asam lambung.

Minum Air Putih

Minum air putih ketika mual merupakan salah satu hal yang tidak banyak dilakukan orang. Padahal, tindakan ini bisa menghilangkan asam lambung dari esofagus sehingga tidak terjadi masalah.

Kunyah Permen Karet Bebas Gula

Mengunyah permen karet bisa membuat mulut dan tenggorokan menjadi lembap sehingga mencegah munculnya mual. Permen karet bebas gula jadi pilihan yang baik karena bisa menetralkan asam di lambung.

Catat Makanan yang Dikonsumsi

Jika rasa mual ini kerap terjadi pada dirimu, disarankan untuk membuat diary atau catatan harian mengenai makanan yang kamu konsumsi. Hal ini bisa membantumu mengetahui mana makanan yang menimbulkan masalah tersebut pada dirimu.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu lakukan untuk memastikan asam lambung tidak naik. Pastikan untuk mencobanya ketika kamu mengalami masalah asam lambung atau mual. (Uli)

INDOLINEAR.TV