Tugas Tosser Atau Set-upper Dalam Olahraga Bola Voli

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Rabu, 31 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Masyarakat di Indonesia mengenal olahraga bola voli sebagai permainan bola besar yang melibatkan dua tim di lapangan.

Permainan bola voli dilakukan oleh enam pemain tiap tim dengan beberapa pemain cadangan, dalam sebuah pertandingan.

Keenam pemain dalam sebuah tim masing-masing memiliki tugas serta posisi berbeda ketika bertanding bola voli.

Salah satu sebutan peran atau posisi seorang pemain bola voli di lapangan adalah seorang tosser atau set-upper.

Lantas apa pengertian posisi tosser atau set-upper dalam permainan bola voli dan bagaimana tugasnya?

Pengertian tosser dalam bola voli

Posisi sebagai seorang set-upper, disebut juga sebagai tosser atau setter, memiliki peran penting dalam alur serangan sebuah tim dalam permainan bola voli.

Berhasil atau tidaknya suatu penyerangan dalam permainan bola voli sebagian besar bergantung pada umpan dari seorang tosser atau setter.

Seperti dilansir dari Kompas.com (30/03/2021), seorang setter biasanya menempatkan diri pada garis depan wilayah permainan untuk mengumpan kepada seorang spiker untuk melakukan smash.

Oleh sebab itu biasanya seorang tosser atau setter harus memiliki kemampuan teknis berupa kepandaian mengoper bola, maupun kelebihan berupa komunikasi serta pengambilan keputusan secara cepat.

Peran tosser dalam permainan bola voli

Tugas seorang tosser (setter atau set-upper) dalam permainan bola voli adalah memberikan umpan matang kepada seorang spiker atau smasher di garis depan lapangan.

Setter atau tosser menentukan penyerang mana yang akan memperoleh bola untuk dipukul ke arah permainan lawan dengan smash. Keputusan mengenai pemain mana yang memperoleh bola tersebut disampaikan sebelum terjadinya rally atau jalannya permainan kepada rekan setim lain.

Arah serangan ini sudah ditentukan melihat arah datangnya bola dari servis lawan atau berasal dari situasi serangan balik setelah pemain bertahan dapat meredam serangan lawan.

Di sisi lain, seorang tosser juga bertugas untuk menjadi pilar pertahanan paling awal dengan menahan serangan lawan dengan blok.

Tosser memiliki tanggung jawab melakukan blok karena posisi bermainnya yang berada di dekat net pada garis depan lapangan, sehingga berhadapan langsung dengan serangan lawan. Meski memiliki tanggung jawab menjadi pilar pertahanan, tugas tosser berbeda dengan libero.

Adapun, pemain yang bertugas mengontrol pertahanan dalam bola voli disebut libero. Seorang libero hanya bermain di garis belakang permainan dan menerima bola.

Libero dilarang menyerang di depan net, melakukan blok secara langsung di depan net, memberikan umpan ke pemain lain dari garis depan, serta dilarang melakukan servis. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: