Trik Memaksimalkan Ruang Sempit Untuk Ciptakan Dapur Yang Luas

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Sabtu, 11 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Tiap Anda tentu mendambakan dapur yang luas dan nyaman. Namun di lain hal, Anda juga mendambakan dapur yang lengkap. Dapur yang lengkap kerap membuat dapur yang luas seolah menjadi sempit. Dua lemari, oven ganda, dan perlengkapan yang diletakkan seadanya tentu mendatangkan mimpi buruk di dapur Anda.

Berikut trik memaksimalkan ruang sempit untuk ciptakan dapur yang luas, nyaman, dan lengkap, seperti dikutip dari Liputan6.com (09/12/2021).

Buat Rak Portable

Anda tentu tidak bisa memindahkan isi sebuah pulau besar ke dapur. Namun dengan sedikit trik jitu, Anda bisa mengembalikan keranjang lama yang sudah tak terpakai sebagai tempat menyimpan yang bisa dipindahkan. Hal ini memungkinkan dapur Anda menjadi lebih luas, karena Anda bisa menyimpan beberapa perkakas setelah Anda memasak.

Pikirkan yang Vertikal

Dinding dapur bukan suatu hal yang mustahil untuk dimanfaatkan. Bisa memanfaatkannya merupakan suatu keuntungan. Hanya dengan bermodal kawat bekas, Anda bisa menggantungkan berbagai perlengkapan dapur di sebuah pegboard buatan Anda sendiri. Menggunakan semua ruang kosong yang ada pada dinding dapur Anda merupakan suatu keuntungan, bisa membuat dapur Anda terasa lebih luas.

Anda Perlu Perhitungan Matang

Saat mendapati ruang dapur tidak terlalu luas, masihkah Anda memikirkan untuk memiliki tiga pembuka kaleng yang berbeda atau memiliki 16 set piring yang belum tentu Anda gunakan semuanya? Mulai sekarang perhitungkanlah perlengkapan masak apa saja yang perlu ada dan perlengkapan masak apa saja yang tidak perlu ada setiap hari di dapur. Sekarang juga bukan waktunya lagi memajang piring kecil di dapur, mengingat ruang dapur adalah komoditas yang berharga.

Simpan di Tempat Lain

Bagi Anda yang gemar menyimpan makanan kaleng, ketahuilah berbagai benda tersebut mampu membuat dapur Anda menjadi seolah-olah sempit. Barang-barang ini tidak seharusnya ada di dapur Anda. Buatlah tempat khusus untuk menyimpannya, dan Anda bisa mengambilkan beberapa yang Anda perlukan saja saat pergi ke dapur. Dapur yang kecil bukan suatu yang mengerikan, jika Anda mau sedikit kreatif dalam memanfaatkan segala ruang kosong yang ada. Dapur Anda memang kecil, dan imajinasi dan cinta Anda yang membuatnya menjadi luas. (Uli)