Traktor ‘Amphibi’ Dapat Menyelam Dan Mesin Tidak Mati Bikin Netizen Bingung

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Kamis, 11 November 2021
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Alat berat diciptakan untuk melakukan segala pekerjaan berat sehingga perancangnya berusaha membuat kendaraan yang mampu meminimalisasi segala dampak kecelakaan. Belum lagi jika digunakan untuk pekerjaan yang berisiko.

Namun apa yang terjadi di video ini benar-benar menarik perhatian kita semua. Betapa tidak, kendaraan alat berat yang tadinya hanya mampu mengarungi lumpur di darat, kini bisa ‘menyelam’ di dalam air.

Itulah yang dibagikan di halaman Facebook ini ketika dua orang yang mengendarai traktor harus menyeberangi sungai.

Karena tidak ada pilihan, mereka terpaksa menyelam bersama traktornya sekalian. Peristiwa kocak tapi konyol ini diyakini terjadi di Tanzania.

Menariknya, keduanya terlihat santai mengemudikan traktor tersebut masuk ke dalam air untuk menyeberangi sungai tanpa mengenakan alat pengaman apapun.

Tampak dalam video, mereka mengemudikan traktor hingga hampir tenggelam seluruhnya di bawah permukaan air sungai.

Traktor tersebut bergerak perlahan selama berada dalam air sampai muncul kembali di permukaan di seberang sungai.

Video traktor yang bisa menyelam dan mesinnya tidak mati ini pun menjadi perbincangan hangat netizen dan viral.

Sebagian besar netizen merasa heran karena mesin traktor tidak mati. Padahal seluruh bagian mesinnya tenggelam di dalam sungai.

Banyak yang menduga video ini settingan. Namun tidak sedikit yang mengatakan kejadian seperti ini sudah biasa bagi mesin yang menggunakan bahan bakar diesel.

” Mesin diesel atau motor bensin memang tahan air kalau bercampur dengan udara dari tangki yang termampatkan,” komentar netizen bernama Alastair Mackintosh, dilansir dari Dream.co.id (10/11/2021).

Sementara itu, Ritesh Pahladsingh mengklaim bahwa traktor tersebut bisa ‘selamat’ karena memiliki fitur teknis yang memang jarang diketahui oleh banyak orang saat menyelam.

” Traktor tersebut dalam kondisi ‘winched’ atau saluran masuk dan knalpot telah terhubung. Jadi air tidak akan masuk ke mesin. Karena videonya kabur jadi kabelnya tidak kelihatan,” jelasnya. (Uli)