Traction Control System Pada Sepeda Motor Yang Bikin Berkendara Aman Saat Hujan

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 15 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kondisi permukaan jalan saat hujan menjadi lebih licin dan cukup berisiko bagi kendaraan bermotor saat berakselerasi. Pengendara perlu memperhatikan cara mengemudi yang baik, terutama dalam menjaga traksi roda ke permukaan jalan, agar tak berkurang maupun hilang.

Bla roda motor kehilangan traksi, ban motor bisa selip, sehingga sulit dikendalikan. Hal inilah yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Supaya risiko kecelakaan ini bisa diminimalkan, pengendara juga perlu mempertimbangkan adanya fitur keselamatan terbaik yang ada pada motor. Seperti fitur Traction Control System (TCS) dan juga Dual Channel ABS yang bisa ditemukan pada motor Yamaha All New NMAX 155 Connected/ABS. Apa saja keunggulannya? Dilansir dari Liputan6.com (13/10/2021).

Mengoptimalkan Sistem Pengereman (Dual Channel ABS)

Sistem pengereman pada Motor Yamaha All New NMAX 155 Connected/ABS hadir dengan lebih optimal, berkat adanya fitur Dual Channel ABS (Anti-Lock Braking System) di bagian roda depan dan belakang . Fitur ini mampu mencegah kedua ban terkunci saat pengendara melakukan pengereman secara mendadak atau hard braking. Hasilnya, motor akan lebih mudah untuk dikontrol untuk menghindari objek di depan.

Akselerasi Lebih Nyaman di Berbagai Kondisi Jalan

Sedangkan fitur TCS, mampu menjaga ban agar tak sampai kehilangan traksi saat berakselerasi di permukaan jalan yang licin atau berpasir, terutama saat melaju di tengah musim hujan.

Menariknya lagi, pada motor Yamaha All New NMAX 155 Connected/ABS, TCS dapat disetel aktif dan non-aktif melalui tombol switch control pada handle bar kiri dengan menu pilihan yang tertera pada speedometer.

Cara menyetelnya sangat mudah. Tekan tuas pengatur speedometer di balik setir sebelah kiri. Di situ terdapat tombol tepat di atas rem belakang. Perhatikan perubahan pengaturan di layar speedometer. Pilih pengaturan dengan tulisan TCS di sebelah kiri bawah ON/OFF. Kemudian, tekan tuas hingga 3 detik untuk mengaktifkan atau mematikan fitur TCS ini.

Apabila TCS non-aktif, maka akan muncul logo TCS menyala warna oranye di bar notifikasi speedometer. Sementara saat aktif logo TCS ini tidak menyala. Jika ingin kembali ke pengaturan awal, tinggal tekan tuas satu kali untuk ke menu speedometer. Tak sulit kan? Dengan adanya fitur TCS ini, berkendara bakal tetap nyaman kendati harus menerobos derasnya hujan di jalan.

Selain dengan mengandalkan fitur keselamatan TCS dan Dual Channel ABS, gunakan motor Yamaha All New NMAX 155 Connected/ABS secara optimal saat musim hujan dengan rutin cek kondisi fisik dan tekanan angin ban sebelum berkendara. Sebab, kondisi ban yang jelek kerap menjadi sumber penyebab ban kehilangan traksi.

Begitu juga dengan tekanan angin ban yang terlalu keras akan membuat ban lebih mudah membal, sehingga traksinya rendah. Sementara jika tekanan angin kurang, cengkeraman ban ke jalan memang lebih kuat, tapi justru membuat tarikan motor lebih berat, hingga dapat berimbas pada performa dan konsumsi bahan bakar.

Ban Tapak Lebar

Hal lain yang membuat motor Yamaha All New NMAX 155 Connected/ABS punya traksi lebih baik adalah penggunaan ban dengan tapak lebar di kedua roda. Tak kalah penting, hindari jalanan berpasir, berbatu, berlumpur atau penuh genangan air selama musim hujan khususnya, karena berisiko membuat ban selip atau kehilangan traksi.

Hindari juga kebiasaan buru-buru dalam berkendara. Melajulah secara konstan dan halus. Sebab, gaya berkendara yang sangat agresif, seperti memuntir tuas gas penuh dan tidak konstan, serta kerap melakukan rem mendadak, hanya akan membuat ban motor mudah kehilangan traksi, terutama saat berakselerasi di jalan licin saat musim hujan.

Apabila semua langkah-langkah tersebut telah diterapkan secara maksimal, maka setidaknya kita sudah meminimalisir terjadinya resiko kecelakaan saat berkendara di musim hujan. Untuk informasi lebih lanjut tentang motor Yamaha All New NMAX 155 Connected/ABS silahkan cek di sini. (Uli)