TPI Pekalongan Kembali Ramai karena Banyak Kapal Bersandar

aktualcom//indolinear.com
Selasa, 29 Agustus 2017
loading...

Indolinear.com, Pekalongan – Setelah pada bulan Juli 2017 sempat sepi, aktivitas lelang ikan di Tempat Pelelangan Ikan Kota Pekalongan, Jawa Tengah selama sepekan terakhir ini kembali ramai.

Kepala TPI Kota Pekalongan Sugiyo mengatakan, saat ini banyak kapal besar membongkar hasil tangkapan ikannya setelah selama empat bulan melaut.

“Aktivitas lelang ikan di TPI relatif cukup ramai selama sepekan terakhir ini karena banyak kapal besar pulang dari melaut,” katanya di Pekalongan.

Menurut dia, sebenarnya kondisi cuaca perairan di laut masih terjadi gelombang tinggi dan angin kencang sehingga bagi kapal kecil belum berani melaut di lepas pantai.

“Bagi kapal kecil hanya mencari ikan di pinggiran. Kendati demikian, aktivitas lelang ikan kini mulai ramai lagi setelah banyak kapal besar membongkar hasil tangkapan ikan.”

Dia mengatakan aktivitas lelang ikan diperkirkan akan terus ramai hingga September mendatang karena baru sebagian kapal besar yang sudah kembali melaut.

“Pada Sabtu, ada dua kapal besar yang sudah membongkar hasil tangkapan ikan senilai Rp556,1 juta. Kami perkirakan aktivitas lelang akan terus ramai dalam beberapa bulan ke depan.”

Produksi ikan pada Kamis (24/8) lalu, kata dia, mampu mencapai hingga lebih dari Rp1,5 miliar sedang Jumat (25/8) lalu Rp744,6 juta.

Dia menambahkan dengan kondisi cuaca buruk di laut juga mengakibatkan harga ikan naik mencapai Rp2.500 per kilogram hingga Rp3.500. (Gie)